Pilgub Jatim 2018: Tapal Kuda Berpotensi Menentukan Kemenangan Pilgub

Pilgub Jatim 2018: Tapal Kuda Berpotensi Menentukan Kemenangan Pilgub

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jawa Timur adalah provinsi besar yang terdiri dari berbagai macam etnis yang hidup di sejumlah wilayah di provinsi paling Timur pulau Jawa ini. Karenanya, pemilihan gubernur Juni tahun 2018 nanti juga tak bisa lepas dari unsur primordialisme dan kesukuan. Tak heran kalau wilayah tertentu harus digarap lebih khusus kalau ingin mendulang suara besar. Hal itu diungkapkan peneliti dari The Initiative, Muhammad Dahlan.

Menurut alumni pascasarjana FISIP Universitas Indonesia (UI) ini, satu di antara wilayah yang strategis itu adalah tapal kuda. Alasannya jelas, wilayah tapal kuda memiliki jumlah penduduk yang besar alias kantong gemuk suara. Karena itu, siapa calon yang berhasil menggarap tapal kuda, maka punya peluang besar untuk memenangi pilgub.

“Hampir 60 persen penduduk Jawa Timur ada di wilayah tapal kuda. Ini jelas kantong suara yang signifikan,” urai Dahlan kepada Didi, wartawan BANGSAONLINE, Selasa (16/2).

Dosen ilmu politik di Universitas Bung Karno (UBK) Jakarta ini mengingatkan, meskipun punya potensi suara yang besar tapi tak mudah masuk ke wilayah tapal kuda. Sebab, di wilayah itu primordialisme dan kesukuannya sangat tinggi. Pasalnya, mayoritas penduduk di sana adalah etnis Madura atau mereka yang keterkaitan dengan Madura.

Karena itu, hanya tokoh yang berlatar etnis Madura yang punya kans diterima oleh masyarakat di wilayah tapal kuda. Mereka bisa orang yang tinggal di wilayah tapal kuda atau di luar tapal kuda tapi punya keterkaitan dengan etnis Madura. Bahkan bisa juga tokoh Madura yang tinggal di Madura atau Jakarta.

Alumni lembaga Sugeng Sarjadi Syndicate (SSS) ini menyebut sejumlah tokoh Tapal Kuda yang representatif untuk dicalonkan maju Pilgub Jatim 2018. Di antaranya Hasan Aminuddin (mantan Bupati Probolinggo dua periode), MZA Djalal (mantan Bupati Jember dua periode) dan Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi terpilih kedua kalinya).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO