Memancing Nila, Siapkan Berbagai Jenis Umpan

Memancing Nila, Siapkan Berbagai Jenis Umpan memancing, bisa hilangkan stres dan melatih kesabaran. foto:istimewa

IKAN NILA adalah varitas baru dari ikan mujair, dewasa ini banyak jenis ikan nila, ada gips, nila biru, nila merah, nila batu, nila hitam dll.

Ikan nila termasuk ikan predator dengan tingkat resistensi yang tinggi, ia bisa hidup dan berkembang pada perairan rawa, air payau di daerah pasang surut sampai di pegunungan, sebetulnya ikan nila (mujair) bukanlah asli ikan Indonesia menurut beberapa teori ia berasal dari Afrika melintas laut sampai di Indonesia dan ditemukan petama kali oleh pak Mujair jadilah nama ikan tersebut di Indonesia sebagai ikan mujair.

Mancing ikan nila gampang-gampang susah, kalau ia lagi mood begitu pancing dilempar langsung disogotnya sayangnya mood ikan ini tidak setiap waktu, kalau ia sedang mogok makan walaupun umpan dilempar di depan mulutnya ia cuek aja, alih-alih makan umpan ia malah kabur, sungguh menjengkelkan, tapi kalau anda tau triknya ternyata mancing nila sangat mudah walaupun ia lagi mogok makan.

Kuncinya adalah pada umpan. Yang paling favorit adalah lumut. Meski begitu, ikan nila sesungguhnya lebih menyukai tumbuh-tumbuhan, seperti daun talas, daun singkong, rumput, termasuk lumut, meski sesungguhnya juga termasuk ikan pemakan segala/Omnivora seperti kita.

Lumut yang dimaksud adalah berwana hijau dengan bentuk seperti gumpalan rambut, lumut sepertiitu bisa kita dapatkan dengan mudah, karena biasanya lumut tumbuh pada genangan air yangcukup lama tak tersentuh manusia, seperti genangan bekas kolam ikan yang tak terpakai, sawah yang baru ditanami padi/yang masih terdapat airnya.

Kadang kita dibuat pusing karena kadang lumut yang kita temui berbentuk kasar/kaku, atau malah sangat lembut, disini perlu diketahui bahwa jenis lumut tersebut juga mempengaruhi hasil dari ikan yang kita pancing, karna biasanya ikan besar lebih menyukai lumut kasar/kaku, sedang ikan kecil lebih menyukai lumut halus.

Ketika umpan lumut tak disambar, kita bisa beralih ke umpan udang kecil/rebon. Udang-udang ini termasuk makanan keseharian nila, karena memang hidup di air tawar. Disarankan memakai udang yang masih hidup.

Kalau pun udang tak disambar, ada umpan lain, yaitu kroto. Dan tentu saja, makanan all round, yaitu cacing.

Sumber: HARIAN BANGSA edisi 27 Mei 2014

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO