Kebakaran Semak Belukar Semeru, Puluhan Pendaki Dievakuasi Lewat Jalur Ayak-ayak

Kebakaran Semak Belukar Semeru, Puluhan Pendaki Dievakuasi Lewat Jalur Ayak-ayak Petugas BPBD memadamkan kobaran api yang membakar hutan pinus di Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. foto: metrotvnews.com

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Pasca peristiwa kebakaran di jalur pendakian semeru, pendakian menuju puncak tertinggi di Pulau Jawa itu ditutup hingga waktu yang belum ditentukan. Akibat penutupan ini, ratusan pendaki yang akan melakukan pendakian terpaksa menunggu keputusan selanjutnya.

Sementara sekitar 50 pendaki yang berada di Ranu Kumbolo dievakuasi oleh petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) lewat Jalur Ayak-Ayak yang dikenal jalur ekstrim.

"Pendaki ada di sana masih aman terkendali," kata Kepala Sub Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Wawan Hadi Siswono pada sejumlah wartawan saat ditemui di kantornya, Jum'at (23/10).

Wawan menjelaskan, luas kebakaran mencapai 15 hektare di sekitar Watu Rejeng atau diantara Pos 3 dan 4. "Hanya semak belukar dan tidak sampai mebakar tanaman," jelasnya.

Kini pihak TNBTS, BPBD, TNI, dan dengan dibantu oleh relawan sedang melakukan pembersihan di bekas terjadinya kebakaran. "Juga kita masih memastikan api benar-benar padam, karena dikhawatirkan ada titik api," terangnya.

Para pendaki yang sudah berada di Ranu Pane, kata Wawan juga sempat melakukan protes pada pihak TNBTS, namun akhirnya mereka bisa memahami usai dijelaskan secara detail. "Sejumlah pendaki juga sempat melakukan protes," ucapnya. (ron/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penendang Sesajen Semeru Berhasil Ditangkap':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO