Operasional Daker Mekkah Berakhir, Tinggal Tangani Jemaah Sakit

Operasional Daker Mekkah Berakhir, Tinggal Tangani Jemaah Sakit

MAKKAH, BANGSAONLINE.com - Kepala Daerah Kerja Makkah Arsyad Hidayat mengatakan bahwa masa operasional 1436H/2015M Daerah Kerja (Daker) Mekkah berakhir pada Jumat (16/10). Berakhirnya masa operasional ini ditandai dengan diberangkatkannya 16 kloter terakhir jamaah Indonesia dari Mekkah menuju Madinah.

Menurut Arsyad, dengan diberangkatkannya ke-16 kloter terakhir ini, maka total 381 kloter telah meninggalkan kota Mekkah. Sebanyak 184 kloter dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAAIA) Jeddah. Sementara 197 kloter diberangkatkan menuju Madinah untuk menjalani ibadah Arbain sebelum dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

“Sebanyak 309 orang gabungan dari UPG 27 dan LOP 11 akan menjadi kloter terakhir jamaah Indonesia yang diberangkatkan dari Mekkah menuju Madinah,” terang Arsyad.

Meski masa operasional Daker Mekkah telah berakhir, Arsyad memastikan bahwa PPIH Arab Saudi tetap menangani jamaah Indonesia yang masih dirawat di rumah sakit di Arab Saudi. “Jika jamaah tersebut oleh pihak rumah sakit sudah dilaporkan sehat atau siap dikembalikan ke Tanah Air maka Konsulat Jenderal Rapublik Indonesia (KJRI), dalam hal ini Teknis Urusan Haji KJRI Jeddah akan memfasilitas pemulangan mereka,” terang Arsyad.

Berikut ini 16 kloter yang akan diberangkatkan hari ini dari Makkah menuju Madinah:

1) SOC 72, 3600 jamaah dari Jawa Tengah, berangkat pukul 06.00 waktu Arab Saudi (WAS);

2) JKS 67, 450 jamaah dari Jawa Barat, berangkat pukul 06.00 WAS;

3) BTJ 08, 393 jamaah dari Aceh, berangkat pukul 06.30 WAS;

Sumber: kemanag

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO