PT KAI akan Aktifkan Lagi Jalur Kereta Api Jombang-Babat

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com bakal mengaktifkan lagi jalur kereta api Babat-Jombang yang sudah puluhan tahun tidak digunakan. Hal itu disampaikan PJ Bupati Lamongan Wahid Wahyudi pada BANGSAONLINE.com, Kamis (10/9). “Ada rencana jalur kereta api jurusan Babat-Jombang yang lama tidak aktif untuk digunakan kembali,“ ujarnya

Di konfirmasi terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Bambang Hadjar melalui Kabag Humas dan Infokom Sugeng Widodo tidak menampik pernyataan Wahid Wahyudi tersebut. Dia mengungkapkan sudah melaksanakan rapat koordinasi di Dinas Perhubungan Pemprov Jatim terkait rencana itu.

Dalam rapat yang juga dihadiri perwakilan Bappeda dan Dinas PU Bina Marga Lamongan tersebut, kata Sugeng, dipaparkan oleh konsultan ada tiga jalur alternatif yang ditawarkan. Alternatif itu ditawarkan karena terkait dengan pembebasan lahan.

“Di sepanjang jalur kereta api jalur Babat-Jombang yang lama tidak digunakan, sudah banyak berdiri bangunan. Sehingga dimungkinkan akan terjadi kesulitan dalam proses pembebasan lahan. Karena itu ada dua alternatif lain jalur Babat-Jombang dengan sedikit membelok, namun lebih minim resiko pembebasan lahan, “ urai dia.

Namun sendiri belum memberi jadwal pasti, kapan jalur tersebut akan diaktifkan kembali. Untuk selanjutnya, masih akan dilaksanakan beberapa kali rapat koordinasi untuk mematangkan rencana kegiatan. Saat ini sudah ada undangan rapat koordinasi selanjutnya di Kabuputen Jombang. (ais/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO