Lomba Gebug Guling Ramaikan HUT RI 70 di Ringinagung Magetan

Lomba Gebug Guling Ramaikan HUT RI 70 di Ringinagung Magetan Dua ibu-ibu saat beraksi di lomba Gebuk Guling di Dukuh Sumberjo, Desa Ringinagung, Magetan, Rabu (19/8).

MAGETAN, BANGSAONLINE.com – Meski upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sudah dilaksanakan, namun semangat nasionalisme rakyat Indonesia masih terus berasa. Ini terbukti dengan masih adanya rangkain kegiatan lomba di beberapa daerah yang diadakan untuk merayakan hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 70.

Seperti kegiatan yang diadakan oleh warga desa Ringinagung dukuh Sumberjo Kabupaten . Di desa tersebut masih banyak lomba yang digelar dengan menyajikan lomba utama Gebuk Guling, Rabu (19/8).

Untuk meramaikan suasana, lomba Gebuk Guling tersebut tak hanya di ikuti oleh anak-anak, para pemuda dan pria dewasa, namun ibu-ibu yang tergabung dalam PKK dukuh Sumberjo juga berpartisipasi mengikuti lomba Gebuk Guling.

Pasangan demi pasangan naik ke sebilah bambu yang dibentangkan di atas kolam air yang disediakan panitia. Lalu mereka ‘bertarung’ berusaha untuk menjatuhkan lawanya. Pantauan BANGSAONLINE.com, warga terlihat sangat antusias mengikuti lomba itu. Tampak dari banyaknya peserta yang ingin berlaga di lomba itu.

“Ayo, jangan sampai kalah,” teriak suporter dari warga desa yang menyaksikan acara lomba gebuk guling tersebut. Tak sedikit peserta lomba yang terjengkang ke kolam air lantaran lelah bergelayut di batang bambu yang terbentang.

“Ternyata sulit juga, karena dalam lomba ini memang di butuhkan keseimbangan yang baik. Tapi kami senang-senang saja,” kata ana salah seorang peserta lomba Gebuk Guling.

Koordinator lomba, Arifin menjelaskan bahwa lomba Gebuk Guling ini menjadi sajian utama lomba karena unik dan lucu sehingga warga antusias mengikuti lomba. “Namun sejatinya lomba ini diadakan lebih untuk merekatkan kerukunan antar warga dan demi memeriahkan rangkaian acara perayaan Hari Ulang Tahun RI yang ke 70,” pungkasnya. (nng/ndik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO