Wali Murid Keluhkan Iuran Perpisahan Guru, Plt Kepala SDN 2 Kraton Bangkalan: Pelajaran Balas Budi

Wali Murid Keluhkan Iuran Perpisahan Guru, Plt Kepala SDN 2 Kraton Bangkalan: Pelajaran Balas Budi SD Negeri 2 Kraton Bangkalan

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Salah seorang wali murid SDN Kraton 2 berinisial SL (40) resah, lantaran putrinya dimintai uang iuran untuk perpisahan salah seorang guru berinisial A yang hendak pensiun dari sekolah.

Menurutnya, sekolah meminta uang iuran mulai dari kelas satu hingga kelas enam dengan nominal minimal Rp5 ribu hingga Rp20 ribu pada masing-masing siswa.

"Kami diminta sumbangan sebesar itu untuk kenang-kenangan kelas tiga di mana wali murid diminta dengan nominal yang ditentukan sekolah," ucapnya, Selasa (27/2/2024).

Menurut SL, seharusnya sekolah tidak membebankan iuran tersebut kepada siswa, melainkan memanfaatkan bantuan operasional sekolah (BOS) ataupun anggaran yang lainnya yang terdapat di sekolah.

"Sekolah kan dapat anggaran ya, daripada minta ke murid, kenapa tidak menggunakan anggaran yang ada atau dengan cara yang lain misalnya," paparnya.

Sementara itu, Plt Kepala SDN Kraton 2 Siti Hodijah mengatakan, uang iuran yang dipungut dari siswa sebagai upaya memberikan pelajaran moral membalas Budi sang guru yang hendak pensiun.

Namun, ia membantah jika ada tarif atau nominal yang ditentukan yang harus dibayar oleh siswa.

"Memang iuran itu ada. Tapi saya menekankan kepada para murid bahwa itu seikhlasnya, tidak harus memberi sekian. Meskipun nyumbang sedikit gak apa-apa," pungkasnya. (mil/van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO