Persiapan Pengamanan Lebaran, Polres Jombang Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru

Persiapan Pengamanan Lebaran, Polres Jombang Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru Kapolres saat memeriksa pasukan pengamanan Lebaran. (foto: rony suhartomo/BANGSAONLINE)

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Upaya menciptakan situasi aman dan kondusif di tengah masyarakat menjelang perayaan Lebaran tahun ini, terus dilakukan Polres Jombang. Selain kesiapan antisipasi kepadatan arus mudik, Polres Jombang mempersiapkan sejumlah personel untuk antisipasi semakin meningkatnya kriminalitas. Personel yang dipersiapkan tersebut bergerak secara mobiling selama 24 jam dalam rangka pengamanan arus mudik lebaran tahun ini, untuk mengantisipasi berbagai bentuk kerawanan gangguan selama masyarakat melakukan perjalanan mudik.

Hal tersebut diketahui ketika Polres Jombang melakukan Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2015 di lapangan Mapolres, Kamis (9/7). Gelar pasukan ini dipimpin langsung AKBP Sudjarwoko, Kapolres Jombang.

"Dengan adanya gelar pasukan ini menunjukkan kesiapan kami sebagai anggota Polri yang bersinergitas dengan instansi terkait untuk ciptakan rasa aman dan aman masyarakat dalam menyongsong hari raya Lebaran," ujar Sudjarwoko. 

Dikatakan, tak hanya sekedar dalam hal pengamanan arus mudik, seluruh personel yang diterjunkan diharuskan mampu mengantisipasi segala kemungkinan yang bakal terjadi. "Saat arus mudik, personel harus mampu mengurai saat terjadi kemacetan di sepanjang jalur mudik. Untuk itu, setiap personel selalu mobiling untuk memantau dan membantu jika terjadi kerawanan kemacetan," lanjutnya.

Tak hanya sekedar mengantisipasi kemacetan, seluruh personel yang bertugas diharapkan  mampu mengantisipasi timbulnya kejahatan di jalanan.

Sedangkan untuk membantu kenyamanan pengguna jalan atau pemudik saat melintasi kawasan Jombang, Polres Jombang telah mendirikan 13 pos pengamanan dan 1 pos pelayanan.

Sementara itu, dari hasil pantauan diketahui ada empat titik kemacetan yang perlu diwaspadai. Diantaranya, kawasan Tejo Mojoagung, perlintasan KA (Kereta Api) Peterongan, sekitar jembatan Kayen Bandar Kedungmulyo, serta halte Braan Bandar Kedungmulyo. (jbg1/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO