Kapolda Tinjau Kesiapan Penanggulangan Bencana Gunung Raung, Anas: Petugas Tinggal Bergerak

Kapolda Tinjau Kesiapan Penanggulangan Bencana Gunung Raung, Anas: Petugas Tinggal Bergerak Kapolda Jawa Timur, Irjen Polisi Anas Yusuf dan Muspida Bondowoso ketika meninjau tim penanggulangan bencana gunung Raung di Sumber Wringin Bondowoso. (foto: sugiyanto/BANGSAONLINE)

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.com - Kapolda Jawa Timur, Irjen Polisi Anas Yusuf bersama rombongan meninjau kesiapan penanggulangan bencana erupsi gunung Raung di Kecamatan Sumber Wringin.

Dalam kunjungannya Kapolda Jatim didampingi Kapolres Bondowoso AKBP Djadjuli, Sekretaris kabupaten (Sekkab), dan sejumlah Kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) dan kabag Humas .

Anas Yusuf mengatakan, kedatangan dia ke Bondowoso ingin meninjau kesiapan para petugas di lapangan, sehingga dapat dipastikan apabila bencana gunung Raung berada di level awas, maka petugas di lapangan tinggal bergerak untuk melaksanakan tugasnya sebagai penyelamat warga.

“Tapi saya bersyukur, kesiapan para petugas di lapangan sudah bagus dan tinggal bergerak saja ketika nanti terjadi sesuatu dengan gunung Raung,” ujar Kapolda, Senin (6/7).

Selain itu, orang nomor satu di Polda Jatim ini juga meninjau kesiapan logistik, tempat pengungsian dan dapur umum dan kesiapan kepolisian resor (polres) dan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) dalam menangani korban bencana gunung raung. “Hanya saja saya berharap tidak akan terjadi apa yang menjadi kekwatiran kita semua,” imbuh Kapolda.

Sementara itu, Sekretaris kabupaten (Sekkab) Bondowoso, Drs, H. Hidayat, Msi mengaku, untuk mengantisipasi terjadinya letusan gunung Raung, telah menyiapkan semua bentuk kebutuhan yang diperlukan, termasuk tenda pengungsian, kesehatan, dan logistik.

“Tadi saya sudah menyampaikan kepada Bapak Kapolda tentang kesiapan dalam menanggulangi bencana gunung raung,” ungkap Sekda. Kendati demikian, pemkab Bondowoso akan selalu melakukan koordinasi dengan Kepolisian, TNI dan BPBD Jatim dan BNPB, sehingga dalam mengambil keputusan satu suara.

“Seperti harapan Bapak Kapolda, semoga bencana gunung Raung ini tidak terjadi,” pungkas dia. (gik/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO