Moge Bodong Terjaring Razia, Pengendara Catut Wakasatlantas Polrestabes Surabaya

Moge Bodong Terjaring Razia, Pengendara Catut Wakasatlantas Polrestabes Surabaya Mode bodong dan para pengendara yang terjaring razia malam Ramadan. (foto: rusmiyanto/BANGSAONLINE)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Enam motor gede (moge) terjaring razia multi sasaran yang dilakukan pihak kepolisian bersama Satpol PP dan TNI. Enam moge itu ditilang karena tanpa dilengkapi surat resmi bukti identitas kendaraan.

Razia yang dilakukan Minggu (4/7) dini hari difokuskan di jalan MERR wilayah hukum Polsek Mulyorejo. Tim terdiri 40 anggota Kepolisian mulai dari Polrestabes Surabaya dan Polsek Mulyorejo, 30 anggota Sat Pol PP Surabaya dan 10 Garnisun III Surabaya.

Razia berhasil mengamankan 52 STNK, 3 SIM dan 9 motor yang tidak mengantongi surat-surat kendaraan. Dari 9 motor yang diamankan adalah moge merk Kawasaki ZX 14R merah dengan nopol B 3000 BJA kapasistas 1000 cc yang tanpa dilengkapi surat-surat.

Moge dikendarai Hendrik Sugiawan (28) warga jalan Ikan Kerapuh selatan 09, Kelurahan Sidokumpul. Moge itu hanya dilengkapi surat jalan yang berstempel Polres Gresik tanpa nopol dan nama pemilik. Dengan surat itu, mereka berdalih sebagai bukti kepemilikan yang sah. "Ini sudah sah, kan masa berlaku habisnya sampai Agustus 2015 besok, dan ada stamp dari Polres Gresik", ujar Hendrik.

Kapolsek Mulyorejo Kompol Kuncoro tidak bisa menerima surat jalan tersebut. Surat itu bukan termasuk keabsahan identitas kendaraan bermotor. "Identitas Moge tersebut tidak jelas. Pengakuanya motor dimutasi dari Jakarta menuju Gresik, namun dari surat jalanya tidak terlampir sama sekali identitas motor tersebut", ujar Kuncoro.

Disela-sela perdebatan tersebut Hendrik dan kawan-kawannya mengaku kenal dekat dengan Wakasatlantas Surabaya yaitu Kompol Made Dhanu. "Saya kenal pak dengan Wakasatlantas Polrestabes Surabaya dan juga pak Agus (mantan kasat lantas), coba tanya ke dia kebenaranya," dalih Hendrik.

Kompol Kuncoro juga menjelaskan, nopol yang melekat di Moge tersebut bisa tidak sesuai dengan nomer rangka atau nomer mesin, maka dipastikan pengedara telah memalsukan nopol yang ada di Moge.

Selain beberapa motor yang ditahan, polsek Mulyorejo juga menilang 6 Moge yang pengendaranya tidak lengkap surat-suratnya. Antara lain moge dengan nopol W 2159 QL jenis Kawasaki 800cc, Ducati 800cc nopol L 678 FM, Kawasaki Ninja 700cc nopol N 3115 QY, Harley Davidson 1200cc nopol L 3338 IJ, Kawasaki Ninja 700cc nopol L 6111 XR GSX, dan Kawasaki Ninja 800cc nopol L 3000 OQ GSX. (yan/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO