Gubernur Khofifah Perpanjang Dermaga dan Perluas Gudang Pelabuhan di Probolinggo

Gubernur Khofifah Perpanjang Dermaga dan Perluas Gudang Pelabuhan di Probolinggo Gubernur Khofifah saat meninjau perpanjangan dermaga 2 di Pelabuhan Probolinggo.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Gubernur berkomitmen untuk meningkatkan konektivitas transportasi di sektor pelayaran Jawa Timur. Secara khusus, ia melakukan ground breaking gudang dan meninjau perpanjangan dermaga 2 di Pelabuhan , Rabu (2/8/2023).

Bukan tanpa alasan, peningkatan kapasitas dan layanan Pelabuhan ini dianggap penting dilakukan karena berperan penting dalam menunjang kelancaran distribusi logistik dari dan ke wilayah Jawa Timur, serta dari dan ke berbagai negara.

Selain itu Pelabuhan Kota ini juga merupakan lokasi yang strategis sebagai back up Pelabuhan Tanjung Perak dan memiliki potensi yang besar sebagai pintu gerbang dari wilayah-wilayah hinterland-nya yang meliputi , Jember, Pasuruan, Situbondo, dan Lumajang.

“Tingkat pemakaian atau Berth Occupancy Ratio (BOR) Dermaga 2 Pelabuhan di tahun 2022 sudah sebesar 68% dengan jumlah volume bongkar muat sebesar 2 juta ton dan berpotensi naik pada Tahun 2023,” kata .

Sesuai ketentuan dalam Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan laut Nomor: UM.002/38/18/DJPL-11 tentang Standar Kinerja Pelayanan Operasional Pelabuhan, nilai kinerja dermaga diatas 70% perlu dilakukan pengembangan.

“Untuk itulah, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perhubungan pada Tahun Anggaran 2023 mengembangkan Pelabuhan ini,” ucap gubernur.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO