Proyek PL/PML Miliaran Rupiah di Bagian Perlengkapan Setda Pemkab Gresik Diduga Dibuat Bancakan

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Proyek pengadaan barang, dan jasa berupa PL/PML (penunjukan langsung/pemenangan langsung) di Bagian Perlengkapan Setda (Sekretariat Daerah) Pemkab Gresik, disoal. Sejumlah rekanan di Kabupaten Gresik menyoal bancakan proyek PL/PML di bagian yang dipimpin Nanang Setiawan tersebut.

Kabarnya, sejumlah orang penting terlibat bancakan dalam proyek yang tidak dilakukan lelang tersebut. Mereka berasal dari kalangan oknum anggota DPRD, baik yang duduk di pimpinan maupun anggota. Orang yang mendapatkan proyek dari Bagian Perlengkapan tersebut adalah kalangan ormas maupun profesional.

"Betul, proyek di Bagian Perlengkapan yang nilainya miliaran dibuat bancakan oleh sejumlah anggota DPRD, ormas dan kalangan profesional. Proyek-proyek yang mereka buat bancakan rata-rata PL dan PML," kata rekanan yang enggan namanya dipublikasikan, Senin (22/6).

Menurut rekanan tersebut, modus para oknum anggota DPRD untuk bisa mendapatkan proyek adalah dengan cara langsung menelepon atau mendatangi langsung Kabag Perlengkapan, Nanang Setiawan. Entah dengan cara intimidasi atau tidak, mereka langsung mendapatkan proyek.

Nah, setelah mereka mendapatkan jatah proyek, maka proyek tersebut kemudian diserahkan kepada rekanan tertentu. Rata-rata oknum anggota DPRD tersebut meminta fee di depan, sebelum proyek dikerjakan. Besarannya, antara 10-15 persen dari nilai proyek.

"Yang saya ketahui, ada oknum anggota DPRD yang bertugas sebagai pengepul. Setelah proyek terkumpul beberapa paket, rekanan langsung dipanggil. Kemudian, rekanan diminta memberikan feenya," ungkapnya.

Wakil Ketua DPRD Gresik, Nur Saidah tidak menampik, banyak anggota DPRD Gresik yang mendapatakan jatah proyek dari SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang mengelola proyek fisik, seperti Bagian Perlengkapan. "Betul itu, bukan rahasia umum. Teman-teman kita yang di DPRD banyak yang dapat proyek dari SKPD yang mengelola proyek," katanya, Senin (22/6).

Menurut Nur Saidah, di DPRD ada 5 oknum anggota DPRD yang terkenal sebagi raja dan pengatur proyek fisik. Mereka setiap tahunnya mendapatkan jatah proyek tersebut. Per anggota DPRDnya, bahkan bisa mencapai miliaran rupiah proyek yang didapatkan. "Saya tidak perlu menyebutkan satu persatu namanya. Saya yakin teman-teman DPRD, bahkan wartawan sudah mengetahuinya," jelas Nur Saidah.

Sementara Kabag Perlengkapan Setda Pemkab Gresik, Nanang Setiawan ketika dikonfirmasi wartawan terkait tudingan bancakan proyek PL/PML miliaran rupiah di Bagian Perlengkapan, terkesan menantang. "Yo buktikan saja," kata Nanang singkat. (hud/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO