Dinsos Sampang Diduga Kecolongan, ODGJ yang Tinggal di RPS Kembali Melahirkan

Dinsos Sampang Diduga Kecolongan, ODGJ yang Tinggal di RPS Kembali Melahirkan Rumah Perlindungan Sosial yang ditempati CM. Foto: MUTAMMIM/BANGSAONLINE

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Dinas Sosial (Dinsos) Sampang diduga lemah dalam pengawasan orang dalam gangguan jiwa () yang tinggal di rumah perlindungan sosial (RPS). Pasalnya, ada perempuan penderita yang melahirkan untuk kedua kalinya saat tinggal di RPS Sampang.

Wanita ini berinisial CM (25) dan merupakan orang dari luar Pulau Madura yang tinggal di RPS sejak 2015 silam. Proses persalinan perempuan penderita itu dibantu tenaga kesehatan dari Puskesmas Banyuanyar di kamar mandi RPS Sampang, Senin (10/10/2022) malam.

Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Sampang, Zainal Muttaqin, menyatakan tidak mengetahui kronologi awal apa yang dialami CM. Ia mengaku pernah membawanya ke puskesmas karena sakit untuk diperiksa, dan ternyata sudah hamil sekitar delapan bulan.

"Saya bawa ke puskesmas karena kondisinya CM seperti orang sakit. Tetapi setelah diperiksa, ternyata CM hamil besar. Saya pun kaget," ujarnya saat dikonfirmasi Rabu, (12/10/2022).

Setelah diperiksa, Zainal langsung menanyakan pada bagian penjaga RPS (Satpam). Namun, tidak ada satupun yang mengaku dan mereka berani bersumpah. 

"Para penjaga tidak ada yang mengaku dan bersumpah. Bahkan, CM ini sudah dianggap saudara karena saking lamanya ada RPS," tuturnya.

Kendati demikian, ia bersama para penjaga menelusuri penyebab hamilnya perempuan penderita itu. Alhasil, ada yang melaporkan kalau CM ini keluar dan tidak kembali selama dua hari pada Desember 2021.

"Kebiasaan CM memang setiap hari keluar dari RPS dan kembali lagi. Menurut analisa kami bahwa CM dihamili oleh orang yang tidak bertanggung jawab," kata Zainal.

Untuk mendapatkan perawatan lebih baik, anak dari CM saat ini dititipkan di panti asuhan yang ada di Kabupaten Jombang.

"Anak yang dilahirkan berkelamin perempuan dan sekarang ada di panti asuhan Jombang," pungkasnya. (tam/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'ODGJ di Rawangmangun Bakar Dua Sepeda Motor':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO