Pembangunan Pasar Besar Batu Tersendat, Pemkot akan Evaluasi Investor

Pembangunan Pasar Besar Batu Tersendat, Pemkot akan Evaluasi Investor Pasar Batu. foto: Galih/BANGSAONLINE

BATU, BANGSAONLINE.com - Pembangunan Pasar Besar Batu belum saja dimulai hingga kini. Padahal, rencana pembangunan pasar tersebut sudah ada sejak beberapa tahun silam. Jika pembangunan Pasar Besar Batu tidak segera terealisasi di bulan puasa mendatang, berjanji mengevaluasi kembali kemampuan investor PT Itconi selaku pemenang tender serta membuat kesepakatan Perjanjian Kerja Sama (PKS) kembali.

Menurut Wali Kota Batu Eddy Rumpoko, batasan tersebut diperlukan agar pembangunan pasar segera terwujud. Sebab, kondisi pasar sudah tidak mampu mendukung perkembangan pariwisata di Batu. Eddy Rumpoko menganggap Kota Batu sangat membutuhkan pasar yang representatif.

“Selain sebagai urat nadi perdagangan dan perekonomian daerah, pasar besar Batu kita harapkan bisa mendukung pariwisata. Saya berharap Pasar Besar Batu ke depan bisa terintegrasi dengan terminal Batu dan menjadi icon pariwisata baru. Sehingga wisatawan memiliki banyak pilihan tempat untuk memperpanjang kunjungannya di Kota Batu," ungkapnya, Rabu (6/5).

"Rata-rata waktu kunjungan wisatawan di Kota Batu kan kurang dari 1,5 hari. Ini tentu masih terlalu singkat. Kalau waktu kunjungan wisatawan bisa diperpanjang hingga 3 hari, maka akan semakin banyak uang yang dibelanjakan. Otomatis perputaran uang di Kota Batu akan semakin besar," sambung politisi PDIP ini.

Masih kata ER, untuk memperpanjang waktu kunjungan, tentu harus semakin banyak pilihan berwisata. Salah satu fasilitas yang dirasa masih kurang adalah wisata belanja. Untuk membeli oleh-oleh sayuran misalnya, wisatawan justru memilih belanja di Dewi Sri Pujon, Pasar Karangploso dan Pasar Lawang.

Eddy menambahkan, Pasar Besar Batu tetap dikonsep sebagai pasar tradisional, namun ditata ulang desainnya agar tampil modern. Tidak ada lagi pedagang yang berjualan di areal parkir, sehingga kebersihan pasar akan tetap terjaga.

Selain itu, Pasar Besar Batu akan dilengkapi areal parkir yang luas, sehingga diharapkan perdagangan di tempat tersebut akan menggeliat kembali dan wisatawan pun akan senang untuk mampir.

Perlu diketahui, rencana pembangunan Pasar Besar Batu sudah tertunda beberapa tahun. Investor yang menjadi pemenang tender PT Itconi hingga saat ini juga belum ada tanda-tanda memulai pembangunan. Tahun ini pembangunan pasar seluas 4 hektar lebih tersebut akan dimulai, namun harus dilakukan penyusunan PKS lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO