Ketua TP PKK Lamongan Kampanyekan Deteksi Kanker Serviks Melalui IVA

Ketua TP PKK Lamongan Kampanyekan Deteksi Kanker Serviks Melalui IVA ketua TP PKK Lamongan menyematkan pin ke peserta. (Haris/BANGSAONLINE)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Ketua TP PKK Lamongan Mahdumah Fadeli kampanyekan penggunaan metode baru deteksi dini kanker leher rahim perempuan. Metode itu adalah IVA, atau Inspeksi Visual dengan Asam Asetat.

Mahdumah Fadeli menyebutkan kanker leher rahim yang juga dikenal dengan kanker serviks tersebut adalah satu-satunya kanker yang bisa dicegah. Sehingga apabila pendeteksiannya bisa dilakukan saat tahap awal, tindakan pencegahan bisa dilakukan dengan tingkat kesembuhan yang mendekati 100 persen.

Hal itu dikatakannya saat membuka materi Gerakan Nasional Pencegahan dan deteksi Dini kanker Leher Rahim pada Perempuan di Puskesmas Lamongan, Selasa (21/4).

Metode yang jamak digunakan selama ini adalah dengan menggunakan pap smear. Yakni dengan menggunakan sebuah alat untuk kemudian menggambil sel di leher rahim dan dilakukan pemeriksaan terhadap sel tersebut.

“Saat ini ada metode baru untuk mendeteksi dini kanker leher rahim. Yakni menggunakan IVA, visual inspection with acetic acid. Metode ini sama efektifnya dengan pap smear namun dengan biaya yang jauh lebih murah, bahkan kalau memeriksakan di Puskesmas tidak akan dipungut biaya, gratis, “ ujar Mahdumah Fadeli yang juga Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Lamongan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO