Jumat, 29 Mei 2020 06:32

Pemilik Sapi dan Kerbau di Tuban Bakal Miliki KIT

Senin, 30 Maret 2015 20:17 WIB
Editor: Revol
Wartawan: Suwandi
Pemilik Sapi dan Kerbau di Tuban Bakal Miliki KIT
Acara sosialisasi kartu identitas ternak (KIT) dihadapan tamu undangan di gedung korpri kompleks pendopo krido manunggal Tuban. (Suwandi/BANGSAONLINE)

TUBAN (BangsaOnline) - Pemilik hewan sapi dan kerbau di Kabupaten Tuban sebentar lagi bakal memiliki Kartu Identitas Ternak (KIT). Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Maskur, dalam acara sosialisasi penerapan kartu ternak sapi dan kerbau di Gedung Korpri Krido Manunggal Tuban, senin (30/3).

Dihadapan ratusan tamu undangan yang hadir, Maskur membeberkan bahwa Kabupaten Tuban merupakan daerah file projek untuk penerapan KIT. Kemudian disusul oleh kabupaten/ kota lainnya yang ada di Provinsi Jawa Timur. Manfaat dari KIT sangat besar, selain mengetahui nama pemilik ternak juga terdapat identitas sapi maupun kerbau. Bahkan dari kartu itu bisa dilihat dari mana ternak tersebut berasal.

“Disisi lain kartu tersebut sebagai bukti sah kepemilikan ternak, selain itu juga sebagai dokumen penting untuk mutasi ternak. Bahkan, juga bisa digunakan untuk memudahkan pelayanan kesehatan ternak. Tidak hanya itu, petani ternak juga akan mendapatkan IB atau kawin suntik secara gratis bagi yang memiliki kartu itu,” jelasnya.

Maskur menerangkan, dana yang digunakan untuk file projek ini diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang nilainya sebesar Rp 790 juta untuk setiap kabupaten/ kota. Kemudian projek tersebut bisa dilanjutkan masing-masing daerah setempat guna melancarkan program KIT.

“Semoga pemkab Tuban ini bisa menjalankan program ini, karena Tuban populasi sapinya nomor tiga se-Indonesia setelah Sumenep dan Jember,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Tuban H. Fathul Huda ketika dikonfirmasi mengenai KIT menyatakan siap mendukung dan menjalankan program KIT di Kabupaten Tuban. Dengan jumlah populasi ternak sapi terbesar di Indonesia dengan urutan ketiga, pemkab Tuban bakal menyiapkan strategi guna memuluskan program tersebut.

“Secepatnya akan kami jalankan program ini, semoga populasi sapi dan kerbau di Tuban secepatnya teridentifikasi, sehingga jelas berapa sapi yang dimiliki masyarakat Tuban secara keseluruhan,” katanya.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...