Festival 'Dolanan Anak Tempo Doeloe', Bupati Sidoarjo Main Dakon Bersama Anak Yatim

Festival Bupati Saiful Ilah asyik bermain dakon dengan anak yatim yang mengingatkannya pada masa kecil, kemarin. foto : nanang ichwan/BangsaOnline.com

SIDOARJO (BangsaOnline) - Ratusan anak yatim di Kabupaten Sidoarjo mengikuti festival dolanan anak tempo doeloe yang berlangsung di Paseban Alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Minggu (15/3). Sedikitnya, 10 macam dolanan anak tempo doeloe diantaranya egrang, yoyo, dakon, gasing, hulahop dan beberapa mainan lainnya.

Pengunjung yang sedang berlibur menghabiskan waktu dengan keluarga saat di alun-alun terpukau melihat kenangan dolanan anak tempo dulu tersebut.

“Sekarang sudah hampir punah, apalagi sekarang teknologi semakin berkembang. Padahal dolanan (mainan-red) seperti itu merupakan warisan dari nenek moyang kita dan sangat di gemari anak-anak waktu saya kecil dulu,” ujar Suparno (52), seorang pengunjung yang sedang menyaksikan pameran tersebut dengan putranya. Minggu (15/03).

Bupati H. Saiful Ilah juga g hadir di acara tersebut. Bahkan, orang nomer satu di Sidoarjo ini, ikut dolanan dakon dengan anak yatim di acara tersebut.

“Jadi ingat waktu kecil saya dulu,” ujar Abah Ipul-sapaan akrab H. Saiful Ilah saat bermain dakon melawan seorang anak yatim yang masih duduk di bangku SD tersebut.

Sementara, Panitia Festival Dolanan Anak Rudi Molyono menyatakan dolanan anak tersebut untuk melestarikan budaya dan membangkitkan kembali permainan anak-anak yang sudah lama jarang dilakukan,

“Ditengah serbuan permaian tehnologi yang luar biasa ini, tidak ada salahnya kita membangkitkan kembali budaya yang luhur ini kepada anak-anak, agar anakanak mencintai permaianan leluhur peninggalan nenek moyang ini,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO