Komunitas Pencinta Sejarah di Kediri Gelar Doa Bersama di Makam Pahlawan Nasional Tan Malaka

Komunitas Pencinta Sejarah di Kediri Gelar Doa Bersama di Makam Pahlawan Nasional Tan Malaka Para pegiat sejarah dari lintas komunitas saat berdoa di Pusara Datuk Tan Malaka di Makam Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. (foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Puluhan relawan dari lintas komunitas pencinta sejarah di menggelar doa bersama di Makam Pahlawan Nasional di Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten , Rabu (2/6/2021).

Ari Hakim, Koordinator Relawan mengatakan, selain menggelar doa bersama di Pusara , para relawan juga membuat papan nama dan bakti sosial dengan menanam pohon.

"Karena saat ini masih dalam masa pandemi, maka kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan, utamanya wajib memakai masker," kata Ari di lokasi Makam , Rabu (2/6/2021).

Menurutnya acara terakhir adalah sarasehan terkait perjuangan dari lahir sampai meninggal di . Sarasehan diikuti oleh para pegiat sejarah dan pencinta sejarah di . "Kami ingin mengenang perjuangan yang seolah sudah terlupakan," ujar Ari.

Diberitakan sebelumnya, bahwa berdasarkan catatan sejarah yang dikutip dari beberapa sumber, Sutan Ibrahim bergelar Datuk lahir di Pandan Gadang, Suliki, Sumatra Barat pada tahun 1896.

Dia menempuh pendidikan Kweekschool di Bukittinggi, sebelum melanjutkan pendidikan ke Belanda. Pulang ke Indonesia tahun 1919, dia bekerja di perkebunan di Tanjung Morawa, Deli.

Penindasan terhadap buruh menyebabkannya berhenti bekerja dan pindah ke Jawa tahun 1921. Dia mendirikan sekolah di Semarang dan kemudian di Bandung. Aktivitasnya menyebabkan dia diasingkan ke negeri Belanda.

Namun, dia malah pergi ke Moskow dan bergerak sebagai agen komunis internasional (komintern) untuk wilayah Asia Timur. Akan tetapi, dia berselisih paham karena tidak setuju dengan sikap komintern yang menentang Pan-Islamisme.

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO