Datangkan Konsultan Proyek IKN Baru, Eks Tambang di Gresik Akan Disulap Jadi Eduwisata

Datangkan Konsultan Proyek IKN Baru, Eks Tambang di Gresik Akan Disulap Jadi Eduwisata Eks tambang di wilayah Kecamatan Manyar. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Keinginan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik agar yang tak terpakai dikelola menjadi sarana eduwisata (wisata edukasi/pendidikan), sarana perekonomian, ruang terbuka hijau, dan kegiatan lain, tampaknya akan segera terwujud.

bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan pusat serta pemilik untuk mewujudkan hal tersebut.

"Hari Jumat (21/5/2021), saya mewakili rapat di provinsi membahas di Gresik yang akan disulap menjadi sarana eduwisata, sarana perekonomian, penghijauan, dan kegiatan lain," ucap Sekretaris Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Gresik, Johar Gunawan kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (23/5/2021).

Menurut Johar, yang bakal digarap untuk kegiatan tersebut luasnya mencapai 500 hektare. Tersebar di wilayah Kacamatan Kebomas, Gresik, dan Manyar.

Saat ini, lanjut Johar, proyek itu masih dalam tahap sosialisasi. "Jadi, pemerintah pusat dan provinsi, serta Gresik saat ini dalam tahap sosialisasi sebelum proyek tersebut mulai dikerjakan," terang Johar.

Johar mengungkapkan bahwa pemerintah telah menggandeng konsultan ternama untuk menggarap proyek ini, yaitu konsultan yang memenangkan proyek pengerjaan Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia baru di Kalimantan Timur.

"Desain sudah selesai. Pokoknya bagus sekali," kata Johar sambil mencoba meyakinkan.

Ia menambahkan bahwa lahan seluas 500 hektare di wilayah , Gresik, dan Manyar akan disulap menjadi 7 distrik untuk kegiatan masyarakat. Mulai tempat eduwisata, kuliner, sarana perekonomian, penghijauan, dan kegiatan lain.

"Semua untuk kemajuan daerah, semoga projectnya cepat terwujud," pungkasnya. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO