Rabu, 23 Juni 2021 15:38

Pencurian di Lingkungan UTM Marak Lagi, Mahasiswa Demo Minta Polres Bangkalan Bentuk Tim Khusus

Kamis, 29 April 2021 13:54 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fauzi
Pencurian di Lingkungan UTM Marak Lagi, Mahasiswa Demo Minta Polres Bangkalan Bentuk Tim Khusus
Puluhan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) saat menggelar demo di depan Mapolres Bangkalan menuntut polisi mengusut tindakan kriminal di lingkungan kampus, Kamis (29/4/2021).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menggelar demo menuntut Polres Bangkalan meningkatkan patroli khusus di lingkungan kampus, Kamis (29/4/2021).

Aksi yang digelar di depan Mapolres Bangkalan ini menyikapi maraknya lagi tindakan kriminal yang menimpa mahasiswa UTM, khususnya pencurian motor, laptop, handphone, serta barang elektronik lain.

Dalam tuntutannya, mahasiswa meminta Polres Bangkalan secara konsisten melaksanakan patroli di sekitar kampus seperti pada tahun 2019-2020.

BACA JUGA : 

Cegah Penularan, Satlantas Polres Bangkalan Razia Surat Bebas Covid-19 Terhadap Penumpang Bus

Modus COD, Pria di Bangkalan Bawa Kabur Motor Calon Pembeli

Dianiaya Mantan Suami, Neng Faroh Lapor Polisi, FW pun Ditahan

Terapkan Kampus Merdeka, Dekan Fakultas Keislaman UTM Siapkan Kerja Sama dengan 50 Mitra

"Saat ini kenyamanan dan kemanan mahasiswa UTM mulai terusik lagi. Oleh karena itu, polres perlu memberikan rasa aman dan nyaman, agar mahasiswa UTM fokus untuk belajar. Mengingat, mahasiswa UTM datang dari berbagai polosok nusantara, bukan hanya dari Pulau Madura," ujar Umar, korlap aksi.

Mahasiswa juga meminta Polres Bangkalan mengusut tuntas aksi kriminal di sekitar kampus UTM, dan membentuk tim khusus. "Jika tidak mampu melaksanakan 3 tuntutan tersebut, kami minta Kapolres, Kasatintel, Kasatreskrim, dan Kapolsek Kamal mundur dari jabatannya," tegas Umar dalam orasinya.

Sementara merespons tuntutan mahasiswa, Kapolres Bangkalan AKBP Didik Hariyanto menyatakan bahwa keamanan bukan sepenuhnya menjadi tanggung jawab polisi. "Terkait kemanan bukan pure polisi, tanggung jawab seluruh elemen," kata Didik Hariyanto.

Karena itu, ia mengajak mahasiswa, masyarakat, maupun stakeholder lainnya turut berperan menjaga kemanan lingkungan masing-masing dari tindakan kriminal.

Ia mengklaim, bahwa saat ini unit-unit kemanan di Bangkalan sudah berjalan, termasuk lingkungan telang. Patroli dari Polres Bangkalan dan Polsek Kamal, kata dia, juga berjalan.

"Kami mendukung pembentukan tim khusus terkait peningkatan kriminalitas, hanya saat ini kami masih fokus kepada penganan pilkades," papar kapolres.

Sebagai bentuk keseriusan untuk menindaklanjuti tuntutan mahasiswa, Kapolres AKBP Didik Hariyanto bersedia menandatangani pakta integritas yang disodorkan oleh mahasiswa UTM. Adapun pakta integritas itu berisi 4 tuntutan, yakni:

1. Membentuk khusus tim patroli dari polres

2. Mengusut tuntas kriminalitas yang terjadi di sekitar kampus UTM

3. Mempercepat patroli kemanan area telang dan sekitar UTM

4. Menuntut mundur Kapolsek Kamal, Kasatintel, Kasatreskrim, dan Kapolres, jika dalam waktu satu bulan tidak dapat menyelesaikan tindak kriminalitas di sekitar UTM. (uzi/rev)

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Rabu, 23 Juni 2021 06:20 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Perang Diponegero melawan penjajah Belanda menimbulkan korban luar biasa. Ribuan penjajah Belanda tewas. Begitu juga para pejuang Indonesia. Bahkan Belanda sempat kewalahan.Perang Diponegoro pecah karena penjajah Beland...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...