Warga Klanderan Kediri Temukan Benda Diduga Cagar Budaya Saat Bersih-bersih Sungai

Warga Klanderan Kediri Temukan Benda Diduga Cagar Budaya Saat Bersih-bersih Sungai Roby Wijanarko, Kasun Sugihwaras Desa Klanderan, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, saat menunjukkan benda yang diduga cagar budaya. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebuah batu yang diduga sebagai benda cagar budaya berupa kepala kala ditemukan Cahyo Umar Guritno, warga Dusun Sugihwaras, Desa Klanderan, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, beberapa waktu lalu.

Cahyo menemukan batu bergambar kepala kala tersebut saat membersihkan sungai di sekitar rumahnya, Dusun Sugihwaras, Desa Klanderan.

Penemuan benda berupa kepala kala dan keramik yang diduga peninggalan periode Jawa Tengah dan Era Majapahit itu langsung mendapat perhatian dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri.

Roby Wijanarko, Kasun Sugihwaras Desa Klanderan membenarkan adanya temuan benda diduga cagar budaya oleh Cahyo Umar Guritno, warga RT 10 RW 3 Dusun Sugihwaras.

Menurut Roby, benda berupa kepala kala itu ditemukan saat yang bersangkutan membersihkan sungai di sekitar Bok Telon. Selain menemukan kepala kala, warganya itu juga menemukan artefak berupa kendi dan keramik era majapahit yang diduga dari daratan China dan Indocina, serta uang koin kuno.

Simak berita selengkapnya ...