Rabu, 12 Mei 2021 02:13

Tahapan Pilkades Bangkalan Amburadul, Dewan Kecewa dan Akan Evaluasi Kepala DPMD

Rabu, 14 April 2021 14:55 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fauzi
Tahapan Pilkades Bangkalan Amburadul, Dewan Kecewa dan Akan Evaluasi Kepala DPMD
Hai Molabama, Wakil Ketua Komisi A DPRD Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Pilkades Serentak Kabupaten Bangkalan 2021 dinilai oleh dewan sebagai pilkades paling berantakan dan amburadul dibandingkan dengan pilkades sebelum-sebelumnya.

Hal ini disampaikan Hai Molabama, Wakil Ketua Komisi A DPRD Bangkalan saat ditemui di kantor DPRD setempat, Rabu (14/4/2021).

"Pilkades tahun ini adalah pilkades yang paling amburadul yang saya tahu, dibandingkan tiga gelombang sebelumnya. Karena, perbup tidak disusun dengan baik. Sehingga banyak permasalahan yang terjadi di masyarakat," cetusnya.

Bahkan, Hai mengatakan, dewan tidak pernah diajak koordinasi terkait sosialisasi perbup hingga tahapan pemilihan kepala desa berjalan dan pemilihan akan digelar pada 2 Mei mendatang.

BACA JUGA : 

Konsolidasi Bersama Ulama dan Kiai, Syafiuddin Dorong Pemerintah Terbitkan PP UU Pesantren

Penembakan Misterius Terjadi di Toko Milik Anggota DPRD Bangkalan, Satu Karyawan Terluka

Hasil Pilkades Bangkalan, Ini Nama-nama Cakades Terpilih Versi Hitung Cepat

Ada Dua Versi Pilkades Mrandung, Masing-masing P2KD Klaim Pilkades yang Digelar Sah

"Tidak ada sosialisasi, masyarakat tidak tahu perbup itu. Bahkan saya saja sebagai anggota dewan tidak mengetahui. Tiba-tiba ada saja," ungkapnya.

Karena itu, ia menyayangkan kinerja Tim Fasilitator Pemilihan Kepala Desa (TFPKD) karena tak melakukan koordinasi dengan Komisi A maupun Forkopimda.

"Kami dulu sudah meminta TFPKD untuk menyampaikan kepada bupati agar pelaksanaan Pilkades digelar setelah bulan Ramadhan. Tapi tidak ada jawaban," ujarnya.

Menanggapi hal ini, dewan selaku pengawas akan mengevaluasi kinerja Ketua TFPKD yang juga menjabat sebagai Kepala DPMD Bangkalan.

"Pada saatnya akan kami panggil, tidak sekarang. Kalau sekarang, kami biarkan saja. Karena sudah tidak diindahkan. Sekalian saja hancur," terangnya.

Idealnya, tambah Hai, Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) berkoordinasi dengan Komisi A. Sehingga permasalahan yang terjadi di lapangan dapat diselesaikan lebih cepat dan objektif.

"Saya sekarang sudah tidak berharap apa-apa, karena saya sudah kecewa. Jadi saya hanya akan melihat dan menilai seperti apa pelaksaan Pilkades di Bangkalan nanti ini," pungkasnya. (uzi/ns)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 11 Mei 2021 06:09 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Penangkapan Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat mengagetkan banyak pihak. Terutama karena itu terkenal sebagai pengusaha kaya raya. Bahkan mengaku punya 36 perusahaan.Tapi Dahlan Iskan mengaku kaget dan tidak kaget? Kena...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...