Pelajar di Sidoarjo Ciptakan Kursi Roda Otomatis dengan Joy Stick

Pelajar di Sidoarjo Ciptakan Kursi Roda Otomatis dengan Joy Stick foto: Khumaidi/BangsaOnline.com

SIDOARJO (BangsaOnline) -  berhasil diciptakan oleh dua pelajar kelas XI SMU Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Keduanya adalah Ahmad Habib Al-Mutawakil (16) yang beralamat Perum Mutiara Citra Graha, Desa Larangan Kecamatan Candi dan Prasetyo Langgeng Utomo (17) asal Desa Masangan Wetan, RT 04 01 Kecamatan Sukodono yang berhasil membuat kursi roda otomatis dengan perangkat joy stick. nya tersebut juga berhasil meraih juara II Indonesia Saint Project 2015 di Tangerang, awal Pebruari 2015 ini.

"Alat ini dapat membantu pasien yang secara fisiknya tidak bisa apa-apa. Alat ini dapat bekerja secara otomatis hanya dengan memakai stick walres atau pengontrol remot (joy stick) PS. Sehingga bisa memudahkan pengguna kursi roda, juga tidak akan kelelahan karena sistem berjalan secara otomatis." ujar Ahmad Habib, Jum'at (20/02).

Dikatakannya, kursi roda tersebut adalah proyek kali pertama yang dikerjakan dan berkat komitmen temannya yang selalu memiliki inspirasi menciptakan alat-alat baru dan multi guna. Hingga akhirnya, muncul keinginan membantu pasien yang lemah secara fisik dan mewujudkan sebuah kursi roda biasa, yang mana kami lengkapi dengan perangkat lainnya yakni memakai stick atau sebuah remot.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAM 2 Sidoarjo Wigatiningsih. M.Pd mengatakan, pihaknya sangat mendukung upaya baik ini.

“Selain sebagai alat penunjang terhadap penyandang cacat fisik, bisa juga untuk semua pasien lumpuh ataupun lainnya. Saya harap dari program yang diciptakan tersebut, kedepannya bisa membawa kemaslahatan untuk orang banyak," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO