Ingin Puasa Ramadan Tak Sia-Sia? Hindari Empat Perkara Ini

Ingin Puasa Ramadan Tak Sia-Sia? Hindari Empat Perkara Ini Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. saat khutbah di Masjid Agung Baiturrahman bayuwangi, Jumat (2/4/2021). foto: mma/ bangsaonline.com

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com – Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. menegaskan ada empat perkara yang harus dihindari pada saat kita berpuasa bulan . “Jika tidak, puasa kita akan sia-sia, hanya dapat lapar dan dahaga,” tegas Kiai Asep Saifuddin Chalim dalam khutbah Jumat di Masjid Agung Baiturrahman Banyuwngi, Jumat (2/4/2021).

Apa saja? “Hindari berbohong. Kita jangan sampai berbohong saat bulan puasa,” tegas Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur

Kedua, kata Kiai Asep, umat Islam jangan namimah atau mengadu domba. 

“Jangan melakukan namimah, jangan melakukan adu domba saat kita berpuasa pada bulan ,” katanya. Menurut Kiai Asep, namimah atau adu domba merupakan salah satu dosa besar.

Ketiga, jangan ghibah atau menggunjing orang lain. “Saat puasa kita harus banyak melakukan ibadah dan sedekah, jangan malah ghibah,” katanya.

Keempat, jangan sampai melakukan sumpah palsu. Sebab sumpah palsu meniadakan pahala puasa. “Jika kita bisa menghindari empat perkara itu, insyaallah kita akan dapat banyak hikmah puasa ,” kata Kiai Asep.

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO