Senin, 10 Mei 2021 04:41

Pemkab, BMKT, dan Kemenag Tuban Terus Tingkatkan Sinergisitas

Senin, 29 Maret 2021 21:55 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Suwandi
Pemkab, BMKT, dan Kemenag Tuban Terus Tingkatkan Sinergisitas
Sosialisasi PMA Nomor 29 Tahun 2019 tentang Majelis Taklim yang digelar di Gedung PLHUT Kemenag Tuban, Senin (29/3/2021). (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban bersama Kemenag dan Pengurus Daerah Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) terus meningkatkan sinergisitas agar tercipta keharmonisan.

Sinergisitas tersebut diwujudkan dalam kegiatan sosialisasi PMA Nomor 29 Tahun 2019 tentang Majelis Taklim yang digelar di Gedung PLHUT Kemenag Tuban, Senin (29/3/2021).

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Tuban Eko Yulianto menjelaskan, program optimalisasi kemitraan keagamaan dan kemasyarakatan ini sesuai Permendagri Nomor 90 Tahun 2019. Di antaranya, melakukan bina mental dan spiritual, kesejahteraan sosial, dan kesejahteraan masyarakat. "Dari semua itu dapat dijabarkan menjadi 4 poin," terang Eko, sapaan akrabnya.

Dalam Permendagri itu ada tiga poin. Poin pertama peningkatan fasilitasi keagamaan, meliputi peringatan hari besar agama, takjil, penyaluran hewan kurban, zakat fitrah, safari Ramadan dan ramah tamah CJH PNS. Kedua, peningkatan ketakwaan, dengan tetap terselenggaranya muhasabah Ahad pagi, dan pengajian remaja. Ketiga, peningkatan fasilitasi sarpras kesejahteraan rakyat. Terakhir, peningkatan fasilitasi kesejahteraan masyarakat, seperti pencairan insentif guru TPQ, bagi 8.550 guru TPQ se-Kabupaten Tuban, pembekalan khotib, dai dan daiyah.

BACA JUGA : 

Tabrak Truk Tronton, Pengendara Motor di Tuban Tewas di Tempat

Kasihan, Hidup Sendirian, Pria di Tuban ini Ditemukan Tewas di Sofa

Kasus Baru Meningkat dalam Dua Pekan, Tuban Jadi Zona Oranye Covid-19

289 Personel Gabungan Siap Halau Pemudik yang Masuk Tuban

"Hal ini sesuai PMA Nomor 29 Tahun 2019 Pasal 20 tentang pendanaan yang dibebankan kepada pemerintah daerah setempat," urainya.

Dia menyebutkan, peran strategis BKMT adalah ikut aktif membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat Qurani. Selain itu, mencetak masyarakat yang religi, kehidupan beragama yang toleran dan harmonis.

"Semoga BKMT mampu memberikan pembelajaran kepada lansia karena banyak yang belum bisa syahadat dan salat," harap Eko.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban Sahid menyampaikan, majelis taklim harus terdaftar di Kementerian Agama. Karena pemerintah melalui Kemenag telah mengeluarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 29 Tahun 2019 tentang Majelis Taklim yang terbit pada 13 November 2019. Tujuan terbitnya PMA tentang Majelis Taklim ini untuk memberikan pendidikan keagamaan kepada masyarakat.

"Dengan terbitnya PMA tersebut, majelis taklim akan diisi oleh ustaz dan ustazah yang mumpuni di bidang agama Islam. Sedangkan, saat ini Kemenag Tuban mempunyai 10 Penyuluh Agama Islam Fungsional dan 160 Penyuluh Agama Islam Honorer yang tersebar di 20 kecamatan," bebernya. (wan/zar)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...