Targetkan Adipura, Walikota Probolinggo Intruksikan Bersih-Bersih Kali Banger Berkelanjutan

Targetkan Adipura, Walikota Probolinggo Intruksikan Bersih-Bersih Kali Banger Berkelanjutan Walikota Rukmini didampingi Kepala BLH Tutang saat ikut bersih-bersih Sungai Kalibanger. (Andi/BangsaOnline.com)

PROBOLINGGO (BangsaOnline) - Untuk mencapai target Adipura Kencana tahun 2015 dapat kembali tercapai. Pemerintah Kota Probolinggo melalaui Badan Lingkungan Hidup (BLH) terus memaksimalkan kebersihan disemua sektor. Lebih-lebih memfokuskan pada beberapa titik penilaian pada penghargaan Adipura Kencana. Intruksi itu juga diperkuat , Hj. Rukmini SH. Msi.

Jum’at (13/2) lalu dipimpin langsung Walikota Rukmini, BLH bersama semua pasukannya langsung melakukan bersih-bersih sungai. Salah satunya yang menjadi target utama adalah Sungai Kalibanger. Tidak hanya BLH, para Satker juga dilibatkan dari kegiatan Bersih-bersih Kalibanger tersebut.

Bersih-Bersih Kalibanger ini sebelumnya diawali dengan apel pagi tepat pukul 05:30 WIB di Rusunawa Bestari, JLU, Mayangan. Walikota bertindak sebagai pembina apel, sedangkan Kabid P2DPL BLH Deus Nawardi bertindak sebagai komandal apel.

Kepala BLH Tutang Heru Aribowo mengatakan, kegiatan ini bertujuan membersihkan sedimen dan sampah yang makin banyak. Sekaigus memperingati hari sampah nasional 2015. Pembersihan dilakukan sepanjang 300 meter, di sekitar jembatan JLU Mayangan.

“Sedikitnya ada 150 peserta yang ikut kegiatan ini. mereka dari unsur BLH, dinas PU, BPBD, kwarcab Pramuka, Bagian umum, kecamatn mayangan, kelurahan sekecamatan Mayangan, dan warga seitar lokasi kerja bakti,” kata Tutang.

Sementara, Walikota, Hj. Rukmini SH. MSi mengatakan, kerja bakti ini mampu menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan. Bersih-bersih juga sebagai persiapan Pemkot Probolinggo dalam penilaian adipura tahap kedua. Namun, bukan hanya kebersihan sungai yang harus dijaga, upaya lin untuk menjaga kebersihan harus terus dilakukan. Seperti memilah sampah, pengoptimalan 3R di masing-masing sumber smaph, termasuk kebersihan di lingkugan SKDPD.

“Tentunya, pengingaktan kebersihan tidak akan terwujdu tanpa dukungan stakerholder. Saya harap komitmen menjaga kebersihan terus ditingkatkan dan sinerfitas antara pemkot dan masyarakat optimal. Sebab, optimalnya singergi ini akan membawa perubahan kea rah lebih baik untuk warga dan anak cucu kita,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO