Senin, 19 April 2021 16:58

​Makin Mudah Bayar Uji KIR Pakai Bank Jatim Mobile

Rabu, 03 Maret 2021 19:33 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Didi Rosadi
​Makin Mudah Bayar Uji KIR Pakai Bank Jatim Mobile
Nasabah Bank Jatim membayar biaya uji kir melalui Bank Jatim Mobile. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) terus mengembangkan inovasi, khususnya di bidang layanan digital perbankan. Kali ini, Bank Jatim bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Kabupaten Tuban dalam mempermudah pembayaran uji kelayakan kendaraan niaga/uji kir menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS). Seperti diketahui, QRIS merupakan salah satu metode pembayaran yang lagi hits saat ini di kalangan masyarakat.

Pembayaran uji kir melalui QRIS sendiri dapat dilakukan melalui aplikasi mobile banking Bank Jatim (Bank Jatim Mobile) yang dapat diunduh melalui Appstore dan Play Store. Saat ini, Dishub Tuban menjadi pilot project, namun ke depannya pembayaran uji kir melalui QRIS Bank Jatim dapat dilakukan di seluruh dishub kabupaten/kota di Jawa Timur. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk implementasi ETP (Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah).

Pengembangan inovasi tersebut sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan implementasi transaksi nontunai pada pemerintah daerah kabupaten/kota khususnya di tengah pandemi saat ini. Kerja sama ini sendiri telah berjalan sejak bulan Februari 2021 dan diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) melalui retribusi serta Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank Jatim.

"Secara garis besar, kerja sama ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan dishub akan suatu sistem pembayaran yang terkoneksi dengan database dengan tujuan efisiensi waktu dan tenaga, selain itu perkembangan sistem pembayaran yang lebih mudah, aman, dan nyaman juga menjadi salah satu terwujudnya kerja sama tersebut. Sedangkan tujuan kerja sama ini adalah mempermudah transaksi serta efisiensi waktu bagi wajib pajak. Bagi dishub, kerja sama ini dapat membantu dalam hal pembukuan atas pembayaran yang telah dilakukan oleh wajib pajak," terang Corporate Secretary Bank Jatim Umi Rodiyah, Rabu (3/3/2021).

BACA JUGA : 

Bank Jatim Serahkan CSR untuk Pemerintah Kota Mojokerto

Bank Jatim Dukung Percepatan Industri Halal Jawa Timur

Gubernur Khofifah Launching Pembayaran Uji KIR Non Tunai Gunakan QRIS Bank Jatim

Bank Jatim Rehabilitasi 17 RTLH di Tulungagung Melalui CSR Bank Jatim Peduli

Umi melanjutkan, dengan adanya kerja sama ini, nasabah dapat dengan mudah melakukan pembayaran uji kir, baik melalui Bank Jatim Mobile ataupun aplikasi mobile fintech lainnya sehingga dapat menghemat waktu nasabah.

Nasabah dapat melakukan pembayaran uji kir menggunakan QRIS Bank Jatim dengan sangat mudah, nasabah cukup mengakses website Dishub Kabupaten Tuban dan melakukan pendaftaran uji kir untuk mendapatkan kode QRIS.

Selanjutnya, nasabah tinggal membayar tagihan dengan melakukan scan terhadap kode QRIS yang telah diterima oleh nasabah. Tak kalah menarik, di Kantor Dishub Kabupaten Tuban juga disediakan standing PC yang dapat digunakan oleh nasabah untuk mendaftar uji kir dan mendapatkan kode QRIS untuk pembayaran.

"Dengan adanya kemudahan-kemudahan tersebut tentunya dapat mengurangi antrean pembayaran uji kir serta meminimalisir beredarnya uang tunai," ujar Umi.

Dia melanjutkan, Bank Jatim juga telah memiliki fasilitas digital banking yang cukup lengkap untuk menunjang transaksi keuangan sehari-hari ataupun transaksi bisnis para nasabah. Saat ini, nasabah dapat memanfaatkan layanan e-channel Bank Jatim untuk melakukan transaksi perbankan.

Melalui fasilitas, SMS banking, internet banking, mobile banking, dan QRIS, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan atau pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman tanpa harus keluar rumah.

Kemudahan juga diberikan Bank Jatim untuk nasabah dalam pengajuan kredit atau pembiayaan. Bank Jatim telah meluncurkan e-form kredit yang memudahkan nasabah dalam pengajuan kredit di Bank Jatim.

"Calon nasabah cukup dengan melakukan registrasi melalui portal e-form kredit, kemudian Bank Jatim akan mengirimkan notifikasi melalu SMS," tandasnya.

Selain itu, Bank Jatim kini telah memiliki fasilitas kredit multiguna elektronik (e-kmg) yang dapat dimanfaatkan nasabah. Fasilitas ini merupakan pengembangan kredit multiguna yang sudah ada sebelumnya.

Kali ini e-kmg menyajikan kemudahan dalam mengajukan permohonan kredit baik para ASN (Aparatur Sipil Negara) aktif maupun para pensiunan. Beberapa keunggulan dari e-kmg antara lain kemudahan dalam pengajuan kredit melalui mobile application. "Nasabah cukup memiliki rekening dan payroll gaji yang terdaftar di Bank Jatim," pungkasnya. (mdr/zar) 

Teh Panas Rp 5.000, Teh Dingin Rp 10.000, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (7)
Minggu, 18 April 2021 22:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com –Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan kali ini M Mas’ud Adnan – sang narator - mereview tentang orang Madura yang tiba-tiba haus. Ia pun pergi ke warung di pinggir jalan. Ia membeli teh. Di warung itu semua barang yang ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 19 April 2021 05:29 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dua guru besar ini punya integritas dan reputasi tinggi di bidangnya masing-masing. Nah, Dahlan Iskan kali ini tak banyak menulis. Tapi menurunkan pandangan dua profesor yang dua-duanya kontra dan kritis terhadap Vaksin...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...