Kamis, 24 Juni 2021 19:51

Gus Yaqub, Komisioner Bawaslu Surabaya Meninggal, Sebelumnya Chat 11 Februari Pulang

Kamis, 11 Februari 2021 15:53 WIB
Editor: tim
Gus Yaqub, Komisioner Bawaslu Surabaya Meninggal, Sebelumnya Chat 11 Februari Pulang
Firman Syah Ali (kanan) bersama Yaqub Baliya Al Arif saat masih hidup, foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bendahara Umum PW IKA Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jawa Timur, Firman Syah Ali, mengaku sangat kehilangan atas meninggalnya Komisioner Bawaslu Kota Surabaya, Yaqub Baliya Al Arif, yang akrab dipanggil Gus Yaqub.

“Pertama, kehilangan teman ngopi sehari-hari. Kedua, kehilangan tempat curhat setiap ada permasalahan. Ketiga, kehilangan wakil di kepengurusan wilayah IKA PMII Jatim. Keempat, kehilangan sosok kiai muda yang punya banyak keunikan dan kelebihan spiritual khas pesantren,” kata Cak Firman – panggilan akrabnya – dalam rilis yang dikirim kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (11/2/2021).

Gus Yaqub selain Komisioner Bawaslu Surabaya juga pengasuh Pondok Pesantren Ittaqu Menanggal dan Wakil Bendahara PW IKA PMII Jatim,.

Cak Firman menuturkan bahwa Gus Yaqub mempunyai kemampuan supranatural. Bahkan Gus Yakub, menurut Firman, tampak sudah tahu kalau ia bakal meninggal Kamis (11/2/2021) hari ini. “Gus Yaqub sudah chat beberapa waktu lalu bahwa tanggal 11 Februari beliau sudah pulang,” tutur Firman.

BACA JUGA : 

​Bawaslu Kota Surabaya Serahkan Laporan Hasil Pengawasan Pilkada 2020 ke Pemkot dan DPRD

Panwascam Sayangkan Santunan 'Ala Kadarnya' dari Komisoner se-Jatim Untuk Gus Yaqub

Bawaslu se-Jatim Serahkan Santunan ke Keluarga Gus Yaqub, Komisioner Bawaslu Surabaya yang Wafat

​Perubahan Budaya Bawaslu Berbasis Digital dalam Pandemi Covid-19

Chat tersebut dilakukan dengan salah satu sahabat karib Cak Firman yang bernama Cindy Suryaputera. “Cindy yang juga punya kemampuan supranatural ini share screenshoot chat-nya dengan almarhum Gus Yaqub di sebuah grup WA yang bernama Jamaah Mak Yeye, yaitu grup WA para penggemar kuliner malam Kota Surabaya,” tutur Cak Firman lagi.

Ia menyatakan bahwa Gus Yaqub merupakan kiai muda nyentrik tapi baik hati. Menurut dia, sebagai pejabat Bawaslu ia tampil sangat merakyat dan apa adanya. “Sering sekali beliau berkelakar sejadi-jadinya laksana aktivis mahasiswa di warung kopi,” kata Cak Firman.

"Saya punya banyak teman, sebelum jadi Bawaslu dia sangat baik, santun dan banyak guyon. Tapi setelah jadi Bawaslu berubah jadi feodalistik, sulit dihubungi, ngomong sepatah dua patah kata dengan siapa pun. Biasa wong kere mungga bale (asalnya miskin lalu dapat posisi), gayanya naudzubillah. Tapi Gus Yaqub tidak, beliau malah sering pamer botaknya di media sosial sambil cengar-cengir, sulit cari orang seloroh seperti ini," ucap Cak Firman.

Keponakan Menkopulhukam Mahfud MD ini mengaku sering ngopi dan membicarakan berbagai hal dengan Gus Yaqub. "Orangnya sama sekali tidak watmegawat (menampilkan diri hebat dan penting), baik banget. Saya bersaksi beliau orang baik, mari kita doakan semoga mendapat tempat yang terbaik di sisi-Nya Aamiin," doa Cak Firman.

Ia mengaku belum pernah menemukan orang seperti Gus Yaqub. "Saya tidak pernah menemukan orang setenang dan sesantai beliau dalam menghadapi apapun. Senyum dan tawanya sangat khas, air mata saya tidak berhenti meleleh," lanjut Cak Firman ini.

Ia juga mengajak masyarakat mendoakan keluarga Gus Yaqub. "Putranya masih kecil, mari kita doakan keluarga dan santri yang ditinggalkannya diberi ketabahan dan diberi kemuliaan dunia akhirat. Gus Yaqub akan selalu di hati selamanya, hingga nafas tak lagi di kandung badan," kata Cak Firman.

Seperti diberitakan BANGSAONLINE.com, Gus Yaqub meninggal dunia hari ini Kamis, 11 Februari 2021 pukul 09.00. (tim)

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Kamis, 24 Juni 2021 07:56 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejak Covid-19 melonjak lagi secara drastis, penanganan Covid-19 tampak kewalahan. Vaksinasi belum maksimal. Alternatif lain belum mendapat izin. Bahkan konvalesen kini jadi barang langka.Benarkah? Silakan simak tuli...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...