Senin, 21 Juni 2021 02:33

​Lantik Pergunu Banda Aceh, Kiai Asep Beber 7 Kunci Sukses Belajar

Minggu, 27 Desember 2020 18:53 WIB
Editor: Tim
​Lantik Pergunu Banda Aceh, Kiai Asep Beber 7 Kunci Sukses Belajar
Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. (kanan) dan Dr. Saifullah Idris (kiri). foto: mma/ bangsaonline.com

BANDA ACEH, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. melantik Pengurus Cabang Pergunu Banda Aceh di Balai Kota Banda Aceh, Jumat (26/12/2020). Pelantikan itu dihadiri Pj. Sekkota Banda Aceh Muzakkir mewakili Wali Kota Aceh yang berhalangan hadir.

Yang menarik, usai Kiai Asep menyampaikan pemaparan tentang pendidikan, beberapa peserta bertanya, bagaimana cara dan kiat agar sukses mendirikan pondok pesantren seperti Kiai Asep Saifuddin Chalim.

“Agar kami di Aceh bisa meniru kiat-kiat untuk mendirikan lembaga pendidikan atau pondok pesantren. Sebab hari ini banyak tokoh yang hadir,” kata seorang peserta.

Kiai Asep yang sukses mendirikan Pondok Pesantren Amanatul Ummah langsung menjawab, bahwa kiatnya adalah memilki cita-cita tinggi untuk mempunyai sekolah terbaik. “Sebab Allah sangat suka pada orang yang punya cita-cita tinggi dan tidak suka pada orang yang bercita-cita rendah,” kata Kiai Asep yang kini memiliki 10.000 santri.

BACA JUGA : 

Ribuan Santri di Banyuwangi Mulai Divaksin Covid-19

Prof Kiai Miliarder Itu Pernah Jual Rokok Asongan di Terminal Joyoboyo Surabaya

Haflah Akhirussanah, Kiai Asep: 100 Lebih Santri Amanatul Ummah Diterima di PT Luar Negeri

​Bangun Rumah Janda Mojokerto yang Terbakar, Kiai Asep: Kita Harus Malu pada Ibu Gubernur Khofifah

Kiai Asep mengakui bahwa dirinya sempat malu punya cita-cita tinggi karena saat itu tak sesuai dengan kondisi dirinya. Tapi setelah ia menemukan Hadits bahwa Allah sangat suka pada manusia yang punya cita-cita tinggi dan tidak suka pada manusia bercita-cita rendah, akhirnya ia percaya diri dan merasa memiliki pegangan dalam mengembangkan pendidikan.

“Kita harus berupaya keras dan tawakkal kepada Allah,” kata kiai miliarder yang dermawan itu. Menurut Kiai Asep, suksesnya cita-cita itu adalah ketentuan Allah SWT. 

“Allah yang memastikan dan mengegolkan cita-cita kita,” katanya.

Karena itu Kiai Asep minta semua peserta acara pelantikan Pergunu Banda Aceh aktif salat malam. Sebab salat malam, tutur Kiai Asep, bisa jadi kendaraan kita untuk meraih cita-cita. “Saya menemukan salat malam minaddu’a alladzi la yuraddu, yaitu doa yang tidak akan ditolak oleh Allah SWT dalam kitab Ihya Ulumiddin di bab an-Nawafil,” kata Kiai Asep.

Kiai Asep kemudian mengungkap 7 kunci sukses dalam belajar. “Pertama, murid yang berkesungguhan dalam belajar,” kata Kiai Asep.

Kedua, kata Kiai Asep, jika makan tidak sampai kenyang. Ketiga, selalu punya wudlu. Artinya, jika wudlu batal, langsung berudlu lagi. Keempat, tarkul ma’ashi, yaitu meninggalkan perbuatan maksiat. Kelima, salat malam. Keenam, membaca al-Quran binnadzri. Yaitu membaca dengan melihat (tulisan) Al-Quran. Ketujuh, makan makanan halal, bukan makanan haram.

Menurut Kiai Asep, 7 kunci itu akan melahirkan murid yang pintar. “Murid pandai, ilmunya berkah,” kata Kiai Asep.

Seperti diberitakan BANGSAONLINE.com, Kiai Asep dan rombongan berada di Aceh selama 4 hari, mulai Rabu (23/12/2020) hingga Sabtu (26/12/2020) pagi.

Kiai Asep dan rombongan sempat dijamu makan malam di Pendopo Gubernur Aceh. Dalam jamuan makan malam itu, Kiai Asep dan rombongan ditemui Kepala Dinas Syariah Islam Aceh Dr. Emka Elidar mewakili Gubernur Aceh yang berhalangan hadir.

Lalu pada Kamis (24/12/2020), Kiai Asep melantik PC Pergunu Aceh Besar. Dalam acara itu Kiai Asep juga jadi pembicara seminar bersama Ketua PWNU Aceh Tgk H Faisal Ali.

Kiai Asep dan rombongan lalu ziarah ke makam Syaikh Kuala, yakni Syaikh Abdurrouf As-Sinkili. Usai dari makam waliyullah ini, Kiai Asep dan rombongan salat jamaah maghrib di Masjid Baiturrahman Banda Aceh. Lalu meneruskan ziarah ke makam Habib Abu Bakar.

Pada Jumat (25/12/2020) pagi, Kiai Asep melantik PC Pergunu Banda Aceh di Balai Kota Banda Aceh. Hadir dalam acara itu Pj Sekda Banda Aceh Muzakkir, mewakili Wali Kota Banda Aceh.

Selama di Aceh, Kiai Asep didampingi Ketua PW Pergunu Aceh Muslem Hamdani, Ketua PC Pergunu Aceh Besar Khasanda. Ketua PC Pergunu Banda Aceh Fahrul Rizal, dan pengurus Pergunu yang lain, disamping Wakil Rektor UIN Ar-Raniri Dr Saifullah Idris.

Rombongan Kiai Asep terdiri dari KH Fathurrohman, Wakil Ketua PCNU Surabaya, M Mas'ud Adnan, owner HARIAN BANGSA dan bangsaonline.com, Mohammad Santoso, anggota DPRD Mojokerto, dan Dr. Fadly Usman, dosen Universitas Brawijaya Malang. (tim)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...