Meski Calon Kapolri, Komjen Waseso Belum Laporkan LHKPN ke KPK

Meski Calon Kapolri, Komjen Waseso Belum Laporkan LHKPN ke KPK Komjen Budi Waseso (detik.com)

BangsaOnline - Kabareskrim Komjen Budi Waseso yang merupakan salah satu calon Kapolri belum melaporkan LHKPN ke . Tindakan Budi ini dianggap sebagai suatu pelanggaran.


"Saat ini ada satu calon yang dalam selama jabatannya belum pernah menyerahkan LHKPN dan saya tidak tahu apakah itu tidak melakukan pelanggaran. Kalau menurut kami, itu melakukan pelanggaran karena setiap penyelenggara negara harus menyerahkan laporan," kata Wakil Ketua Bambang Widjojanto di Gedung Pusat Dakwah PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (8/2/2015).

Ketika dikonfirmasi oleh wartawan, Bambang tak mau menyebut langsung nama Budi Waseso. Namun di antara 4 calon Kapolri, memang hanya Budi Waseso yang belum melaporkan harta kekayaannya.

"Anda sudah tahu lah. Anda sudah tahu," ucapnya.

Saat memilih Komjen sebagai cakapolri, Jokowi tidak melibatkan dan PPATK. Sekarang ketika Kompolnas menyeleksi calon Kapolri baru pun belum ada tanda-tanda dilibatkan.

Padahal, menurut BW, saat pemilihan Jenderal Sutarman jadi Kapolri, dilibatkan dan langsung menyerahkan hasilnya ke presiden.

"Pada saat pemilihan Jenderal Sutarman sebagai Kapolri, kami memang menerima surat dari Kompolnas untuk mengklarifikasi dan melakukan uji sahih terhadap laporan LHKPN dan itu sudah kami lakukan. Tapi karena itu hasilnya sensitif maka kami menyerahkan hasil itu kepada pimpinan Kompolnas bukan kepada Menkopolkam tapi langsung kepada Presiden," jelas pria berusia 55 tahun ini.

Komjen Budi Waseso memang diketahui belum pernah sekalipun melaporkan harta kekayaannya. Padahal, seperti tertera dalam undang-undang yang mengatur soal penyelenggara negara, seluruh penyelenggara negara wajib melaporkan harta kekayaannya. Budi sudah mengakui bahwa dirinya belum pernah melapor kekayaan dan saat ini tengah menyiapkan laporan pertamanya.

Sumber: detik.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Resmi Dipecat! Novel Baswedan dkk Letakkan Kartu Identitas KPK':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO