Jumat, 07 Mei 2021 11:47

​Komisi VII DPR RI Dukung Penuh Proyek Gas J-TB di Bojonegoro

Jumat, 20 November 2020 20:23 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Eky Nurhadi
​Komisi VII DPR RI Dukung Penuh Proyek Gas J-TB di Bojonegoro
Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto saat melakukan kunjungan kerja spesifik ke Proyek JTB di Bojonegoro. (foto: ist)

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Komisi VII DPR RI mendukung penuh Proyek Pengembangan Gas Lapangan Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC) sebagai bagian dari upaya mengamankan ketahanan energi nasional.

PEPC yang merupakan salah satu anak perusahaan Pertamina di bidang hulu migas, saat ini sedang mengerjakan proyek strategis nasional di sektor migas di Bojonegoro, Jawa Timur.

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto saat melakukan kunjungan kerja spesifik ke Proyek JTB di Bojonegoro mengatakan, kunjungan ini merupakan salah satu bentuk usaha DPR dalam mendukung terlaksananya Proyek JTB.

Menurutnya, masalah gas juga memiliki aspek pendukung lain yang juga harus dipikirkan. Antara lain dukungan infrastruktur seperti jaringan gas untuk mengalirkan gasnya setelah produksi.

BACA JUGA : 

Swalayan di Bojonegoro Ramai, Tim Satgas Covid-19 bersama Satpol PP Awasi Para Pengunjung

Besok Sudah Dilarang, Ratusan Pemudik Hilir Mudik di Jalur Bojonegoro Hari Ini

BKKBN Sosialisasi Advokasi dan KIE Program Bangga Kencana di Pacet Mojokerto

Bassra Bisa Jadi Daya Ungkit Percepatan Pembangunan Madura

"Kita tentu mendukung penuh Proyek JTB ini supaya bisa segera beroperasi," ujar Sugeng Suparwoto di Bojonegoro, Jumat (20/11/2020).

Beroperasinya Proyek J-TB 2021 mendatang, kata dia, bisa memberikan suplai yang penting bagi energi nasional. Diharapkan, Lapangan Gas JTB ini dapat mulai mengalirkan gas di kuartal ke-4 tahun 2021 dengan produksi puncak mencapai 192 MMSCFD.

Direktur Utama PEPC, Awang Lazuardi menerangkan, dalam situasi pandemi Covid-19 ini beberapa proyek lain di seluruh dunia mengalami penundaan eksekusi atau bahkan ada yang sampai pembatalan. Namun proyek JTB masih bisa berjalan, dengan pencapaian beberapa milestone yaitu dengan telah diselesaikannya pekerjaan Plug and Abandon di 1 sumur dan pemboran di 6 sumur produksi yang lebih cepat dari waktu yang ditargetkan.

Begitu juga dengan diselesaikannya pekerjaan rigless dan well testing di 4 sumur produksi dengan hasil yang sangat menggembirakan. Hasil well testing menunjukkan produksi per sumur lebih dari 60 MMSCFD.

"Total secara keseluruhan dalam proyek ini kita sudah mencapai 24 juta jam kerja selamat. Rencananya awal Desember nanti kita juga sudah akan melakukan well testing di Sumur Jambaran Central, mudah-mudahan lancar," urai Awang. (nur/zar)

Suami Takut Istri
Kamis, 06 Mei 2021 18:19 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dalam seminar bertema gender, Gus Dur ditanya seorang peserta. Pertanyaannya sangat sensitif dan pribadi. “Gus, katanya beberapa kiai juga takut pada istri. Apa Gus Dur juga takut pada istri?,” tanya orang itu....
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Jumat, 07 Mei 2021 06:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wartawan kondang Dahlan Iskan mencatat dua waswas setelah pengumuman pertumbuhan ekonomi triwulan pertama 2021 ternyata minus hampir 1 persen.Apa saja? Silakan baca tulisan wartawan kawakan itu di HARIAN BANGSA dan BANGSA...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 07 Mei 2021 10:42 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...