Rabu, 27 Januari 2021 01:45

​Komisi VII DPR RI Dukung Penuh Proyek Gas J-TB di Bojonegoro

Jumat, 20 November 2020 20:23 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Eky Nurhadi
​Komisi VII DPR RI Dukung Penuh Proyek Gas J-TB di Bojonegoro
Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto saat melakukan kunjungan kerja spesifik ke Proyek JTB di Bojonegoro. (foto: ist)

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Komisi VII DPR RI mendukung penuh Proyek Pengembangan Gas Lapangan Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC) sebagai bagian dari upaya mengamankan ketahanan energi nasional.

PEPC yang merupakan salah satu anak perusahaan Pertamina di bidang hulu migas, saat ini sedang mengerjakan proyek strategis nasional di sektor migas di Bojonegoro, Jawa Timur.

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto saat melakukan kunjungan kerja spesifik ke Proyek JTB di Bojonegoro mengatakan, kunjungan ini merupakan salah satu bentuk usaha DPR dalam mendukung terlaksananya Proyek JTB.

Menurutnya, masalah gas juga memiliki aspek pendukung lain yang juga harus dipikirkan. Antara lain dukungan infrastruktur seperti jaringan gas untuk mengalirkan gasnya setelah produksi.

"Kita tentu mendukung penuh Proyek JTB ini supaya bisa segera beroperasi," ujar Sugeng Suparwoto di Bojonegoro, Jumat (20/11/2020).

Beroperasinya Proyek J-TB 2021 mendatang, kata dia, bisa memberikan suplai yang penting bagi energi nasional. Diharapkan, Lapangan Gas JTB ini dapat mulai mengalirkan gas di kuartal ke-4 tahun 2021 dengan produksi puncak mencapai 192 MMSCFD.

Direktur Utama PEPC, Awang Lazuardi menerangkan, dalam situasi pandemi Covid-19 ini beberapa proyek lain di seluruh dunia mengalami penundaan eksekusi atau bahkan ada yang sampai pembatalan. Namun proyek JTB masih bisa berjalan, dengan pencapaian beberapa milestone yaitu dengan telah diselesaikannya pekerjaan Plug and Abandon di 1 sumur dan pemboran di 6 sumur produksi yang lebih cepat dari waktu yang ditargetkan.

Begitu juga dengan diselesaikannya pekerjaan rigless dan well testing di 4 sumur produksi dengan hasil yang sangat menggembirakan. Hasil well testing menunjukkan produksi per sumur lebih dari 60 MMSCFD.

"Total secara keseluruhan dalam proyek ini kita sudah mencapai 24 juta jam kerja selamat. Rencananya awal Desember nanti kita juga sudah akan melakukan well testing di Sumur Jambaran Central, mudah-mudahan lancar," urai Awang. (nur/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...