Sabtu, 17 April 2021 22:12

Ngaji Sejarah, Syafiuddin Minta Generasi Muda Lestarikan Nilai-nilai Leluhur

Sabtu, 14 November 2020 23:53 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Ahmad Fauzi
Ngaji Sejarah, Syafiuddin Minta Generasi Muda Lestarikan Nilai-nilai Leluhur
Acara Ngaji Sejarah yang digelar Himpunan Mahasiswa Bangkalan (Himaba) di Geger Bangkalan, Sabtu (14/11/2020). foto: fauzi/ bangsaonline.com

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Anggota DPR RI, H. Syafiuddin, meminta generasi muda menjaga dan melestarikan nilai-nilai warisan sejarah leluhur. Yaitu dengan cara memelihara situs sejarah, melestarikan, dan melakukan perawatan. Karena hal itu mengandung nilai budaya leluhur.

Hal itu disampaikan H. Syafiuddin saat menjadi native speaker Ngaji Sejarah dengan tema "Menelisik Sejarah Madura Barat dan Pemberdayaan Pariwisata Bangkalan" di Kecamatan Geger, Sabtu (14/11/2020). Acara ini digelar Himpunan Mahasiswa Bangkalan (Himaba).

Menurut politikus PKB itu, peninggalan sejarah leluhur dapat menjelaskan peninggalan masa lalu para leluhur bagi generasi mendatang. Oleh karena itu, peninggalan sejarah Bujuk Geger (Sayyid Abu Nihas) penting mendapatkan perhatian bagi masyarakat, pemerintah daerah, sampai pemerintah pusat.

Ia menambahkan, Bujuk Geger dekat dengan petilasan Potre Koneng yang ada di Kecamatan Geger bukan hanya memberikan pemahaman akan seorang ulama besar, akan tetapi akan memberikan dampak terhadap peningkatan perekonomian di sekitar.

BACA JUGA : 

Ayu Khoirunita, Istri Muda Bupati Bangkalan Tampil Modis Promosikan Batik

Tingkatkan Pelayanan Puskesmas, Komisi D DPRD Bangkalan Panggil Enam Kapus Baru

Tahapan Pilkades Bangkalan Amburadul, Dewan Kecewa dan Akan Evaluasi Kepala DPMD

Siapkan 59 Personel Pasukan Semeru, Polres Bangkalan Fokus Tiga Sasaran Pengamanan

"Wisata religi di Geger jika ditingkatkan dan dibangun akan menarik wisatawan, baik dari Madura maupun dari luar Madura. Dengan banyak wisatawan yang datang ke Geger, nantinya akan menumbuhkan nilai ekonomi masyarakat sekitar," ujarnya.

Oleh sebab itu, Abah Syafi' - sapaan akrab Syafiuddin - minta agar peninggalan sejarah tetap dipelihara dan dilestarikan. Ia berjanji membantu untuk pelestariannya, lewat pembangunan desa wisata di Desa Geger, baik wisata religi maupun wisata alam.

Narasumber lain, Raden Panji Mustari Cakradingrat meminta para mahasiswa dan intelektual untuk melestarikan sejarah dan merawatnya.

Sementara tokoh muda Geger, Soleh Abdi Jaya meminta kehadiran Pemerintah Daerah, Provinsi, dan Pusat untuk bersama-sama membangun, mengembangkan, dan mensosialisasikan wisata Bukit Geger Bangkalan. Karena akses jalan menuju Bukit Geger infrastruktur jalan belum baik dan rusak. Bahkan jalannya masih sempit.

Menurut dia, Bukit Geger, Maqbaroh Sayyid Abu Nihas, dekat petilasan Potre Koneng. Para peziarah yang datang ke Geger, biasanya melewati rute Syaikhona Kholil, Air Mata Ebuh, dan kemudian Bujuk Geger. (uzi)

​Mengenang Masa Lalu, Ngabuburit Sambil Bermain Meriam Bambu
Jumat, 16 April 2021 22:03 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa, atau ngabuburit.Salah satunya seperti yang dilakukan bocah di Kota Pasuruan, Jawa Timur. mereka bermain meriam bambu di tanah lapang.Sepert...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 17 April 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Setelah banyak mendapat dukungan dari para tokoh, dokter, dan bahkan jenderal, tampaknya uji fase II Vaksin Nusantara akan lanjut. Tentu di luar BPOM.Apa itu Ilegal? Nah, silakan ikuti tulisan Dahlan Iskan di Disway d...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 17 April 2021 11:15 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...