Senin, 17 Mei 2021 05:19

Pemuda Desa Kayen Kidul Sulap Sungai Menjadi Sebuah Tempat yang Menarik dan Instagramable

Sabtu, 14 November 2020 10:24 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Pemuda Desa Kayen Kidul Sulap Sungai Menjadi Sebuah Tempat yang Menarik dan Instagramable
Sungai Jegles di Desa Kayen Kidul kini berubah jadi sebuah tempat yang menarik dan instagramable. (foto: Kominfo)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Di sudut Desa Kayen Kidul, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri, terdapat sebuah sungai kecil yang dulunya difungsikan untuk irigasi pertanian. Namun di tangan para pemuda desa, sungai tersebut kini disulap menjadi sebuah tempat yang menarik dan instagramable.

Hanya bermodalkan semangat dan tekad untuk memajukan perekonomian warga, para pemuda Desa Kayen Kidul bergotong royong membangun satu per satu tempat di pinggiran Sungai Jegles. Dengan menggunakan bambu yang didapat dari lokasi pula, pertama kali mereka membuat sebuah warung berukuran 4 meter persegi. Di warung ini tersedia berbagai makanan tradisional maupun kekinian yang harapannya dapat disukai oleh pengunjung.

Kemudian, sisa bambu dari pembuatan warung digunakan untuk membuat meja kursi. Uniknya, penataan tempat makan dan nongkrong ini berada di tengah aliran sungai yang arusnya tidak terlalu besar. Oleh para pemuda, lokasi ini diberi nama Kalje, yang merupakan kepanjangan dari Kali Jegles.

"Harapan kami nama itu lebih mudah dikenal, sehingga masyarakat akan merasa familiar dengan sebutan Kalje," kata Nunung Tri Hanurani, pendamping Kalje.

BACA JUGA : 

Biaya PTSL di Desa Kayunan Rp450 Ribu per Bidang, Panitia: Sudah Atas Persetujuan Warga

Bahas Kerja Sama Sektor Wisata, Bupati Kediri dan Bupati Trenggalek Bakal Siapkan Diskon

Air Irigasi di Kunjang Sering Berubah Warna Sejak Sebulan Terakhir, DLH Kediri Turun Ambil Sampel

DLH Kabupaten Kediri Turunkan Tim untuk Cek Air Irigasi yang Diduga Tercemar Limbah

Tanpa disangka-sangka, datang pengunjung dari berbagai wilayah di Kabupaten Kediri yang penasaran dengan tempat ini. Bahkan warga dari luar Kabupaten Kediri ini pun datang ke Kalje, seperti Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Jombang.

Lebih lanjut Nunung mengungkapkan, ide dan inisiatif pembangunan Kalje murni dari pemuda lingkungan setempat, tanpa ada campur tangan dari masyarakat luar. Sehingga penataan maupun isi dari lokasi wisata mempunyai ciri khas yang asri, tenang dan nyaman karena berada di tengah desa.

"Saya hanya memberikan masukan jika dimintai tolong oleh para pemuda, selebihnya saya lebih banyak melihat mereka berkarya," terang Nunung.

Ide kreatif pemuda lingkungan Kalje terus berkembang. Untuk lebih memperindah lokasi, mereka membuat beberapa spot yang dapat digunakan untuk berswafoto. Di antaranya gazebo yang diletakkan di tengah sungai, ayunan bambu yang berada di sungai maupun di pinggir sungai, serta beberapa hiasan dari bambu.

Sementara itu Nanik, pengunjung dari Desa Peh Wetan Kecamatan Papar mengaku terkejut mengetahui lokasi ini bisa dibuat tempat untuk bersantai dan menikmati alam desa.

"Saya sebelumnya tidak mengira jika di aliran sungai Jegles dapat dibentuk tempat yang menarik seperti ini. Selain lokasi yang tenang, banyak tersedia menu-menu tradisional sehingga harganya juga sangat terjangkau," ucap Nanik. (adv/kominfo)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Minggu, 16 Mei 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Pembela utama korban kerusuhan 13 Mei 1998 adalah Ita Fatia Nadia. Aktivis perempuan ini kenyang teror. Bahkan ia pernah diancam oleh Jenderal Sintong Panjaitan.Ancaman itu dilakukan sang jenderal di Istana. Saat Fatia ...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...