Senin, 25 Januari 2021 04:29

Kantor Pertanahan Kota Batu Bagikan 357 Sertifikat Tanah Program PTSL Optimalisasi

Rabu, 04 November 2020 23:26 WIB
Editor: .
Wartawan: Agus Salimullah
Kantor Pertanahan Kota Batu Bagikan 357 Sertifikat Tanah Program PTSL Optimalisasi
Warga Junrejo saat menerima sertifikat tanah program PTSL dari Kantor Pertanahan Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Kantor Pertanahan Kota Batu membagikan 357 sertifikat tanah pada warga Desa Junrejo yang masuk dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Optimalisasi, Rabu (4/11/2020) siang di kantor Kecamatan Junrejo Kota Batu.

Ketua Pelaksana Kegiatan PTSL Junrejo Kantor Pertanahan Kota Batu, Eliyadi mengatakan 357 sertifikat tanah di Desa Junrejo yang diserahkan kali ini adalah dari program PTSL tahun 2019. 

"Ada tambahan 357 pemohon pada akhir tahun 2019 lalu yang diajukan oleh pemerintah desa, hingga akhirnya melewati tahun berikutnya, karena persyaratan PTSL itu harus dipenuhi oleh pemohon, akhirnya sertifikat baru dibagikan," ujar Eliyadi.

Menurutnya, seharusnya dua hingga tiga bulan sertifikat sudah bisa selesai jika persyaratan administrasi lengkap. Namun karena terkendala berkas pemohon, akhirnya November 2020 sertifikat tanah baru dibagikan.

"Kalau awal tahun 2019 kita sudah selesaikan 2.437 pemohon dan ada tambahan 600 pemohon PTSL optimalisasi, hingga totalnya 3.087 pemohon untuk Junrejo," ungkapnya.

Sertifikat tanah yang dimiliki pemohon, kata dia, bisa dijadikan bukti kuat kepemilikan tanah yang legal dan bisa dijadikan agunan untuk kredit modal untuk meningkatkan usaha bagi mereka yang punya usaha.

Prosesi penyerahan sertifikat tanah dilakukan secara langsung tanpa adanya prosesi seremonial, karena masa Pandemi Covid-19. Warga yang menerima pun menerapkan protokol kesehatan.

Sementara warga yang mengambil sertifikat tanah harus membawa bukti pengajuan dan surat lainnya untuk dicocokkan dengan data yang ada, sesuai dengan sertifikat hak atas tanah. Termasuk bukti pembayaran pajak bumi dan bangunan. (asa)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...