Kantor Pertanahan Kota Batu Bagikan 357 Sertifikat Tanah Program PTSL Optimalisasi

Kantor Pertanahan Kota Batu Bagikan 357 Sertifikat Tanah Program PTSL Optimalisasi Warga Junrejo saat menerima sertifikat tanah program PTSL dari Kantor Pertanahan Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Kantor Pertanahan membagikan 357 sertifikat tanah pada warga Desa Junrejo yang masuk dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap () Optimalisasi, Rabu (4/11/2020) siang di kantor Kecamatan Junrejo .

Ketua Pelaksana Kegiatan Junrejo Kantor Pertanahan , Eliyadi mengatakan 357 sertifikat tanah di Desa Junrejo yang diserahkan kali ini adalah dari program tahun 2019. 

"Ada tambahan 357 pemohon pada akhir tahun 2019 lalu yang diajukan oleh pemerintah desa, hingga akhirnya melewati tahun berikutnya, karena persyaratan itu harus dipenuhi oleh pemohon, akhirnya sertifikat baru dibagikan," ujar Eliyadi.

Menurutnya, seharusnya dua hingga tiga bulan sertifikat sudah bisa selesai jika persyaratan administrasi lengkap. Namun karena terkendala berkas pemohon, akhirnya November 2020 sertifikat tanah baru dibagikan.

"Kalau awal tahun 2019 kita sudah selesaikan 2.437 pemohon dan ada tambahan 600 pemohon optimalisasi, hingga totalnya 3.087 pemohon untuk Junrejo," ungkapnya.

Sertifikat tanah yang dimiliki pemohon, kata dia, bisa dijadikan bukti kuat kepemilikan tanah yang legal dan bisa dijadikan agunan untuk kredit modal untuk meningkatkan usaha bagi mereka yang punya usaha.

Prosesi penyerahan sertifikat tanah dilakukan secara langsung tanpa adanya prosesi seremonial, karena masa Pandemi Covid-19. Warga yang menerima pun menerapkan protokol kesehatan.

Sementara warga yang mengambil sertifikat tanah harus membawa bukti pengajuan dan surat lainnya untuk dicocokkan dengan data yang ada, sesuai dengan sertifikat hak atas tanah. Termasuk bukti pembayaran pajak bumi dan bangunan. (asa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO