Minggu, 06 Desember 2020 07:38

Masuk Lewat PAW, ​Freddy Poernomo Kembali ke Parlemen

Jumat, 09 Oktober 2020 20:39 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Didi Rosadi
Masuk Lewat PAW, ​Freddy Poernomo Kembali ke Parlemen
Dr. Freddy Poernomo, Politikus Senior Partai Golkar. (foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Politikus Senior Partai Golkar, Freddy Poernomo bakal kembali ke gedung parlemen di Jl. Indrapura No. 1 Surabaya. Ketua Komisi A DPRD Jatim periode 2014-2019 itu masuk kembali lewat pergantian antarwaktu (PAW). Ia menggantikan Aditya Halindra Faridzky yang mengundurkan diri karena maju sebagai Calon Bupati Tuban dalam Pilkada 2020 ini.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Choirul Anam mengaku telah menerima surat permohonan PAW tiga orang anggota DPRD Jatim berikut calon penggantinya. Salah satunya dari Partai Golkar.

"Surat permohonan PAW dari Partai Golkar sudah diterima Kamis 8 Oktober 2020. Insya Allah, hari Senin 12 Oktober 2020 proses di KPU Jatim sudah selesai dan langsung kami kirim ke pimpinan dewan," tutur Anam, Jumat (9/10/2020).

Menurut Anam, selain dari Partai Golkar, ada permohonan PAW yang diajukan lebih dahulu oleh PDI Perjuangan dan PKB untuk DPRD Jatim. Mereka adalah Armuji dari Dapil 1 Surabaya asal dari PDI Perjuangan dan ikut kontestasi di Pilkada Surabaya. Kemudian dari PKB, Khozanah Hidayati dari Dapil 12 (Bojonegoro-Tuban).

“Permohonan pengunduran diri atas nama Armuji dan Khozanah suratnya sudah kita terima tanggal 1 Oktober dan tanggal 5 Oktober sudah diselesaikan oleh KPU," terang Alumnus Unesa Surabaya ini.

Dari ketiga orang ini, jelas Anam, yang dua, yakni Armuji dan Khozanah sudah disampaikan oleh KPU Jatim ke Pimpinan DPRD Jatim untuk selanjutnya dilakukan proses sesuai peraturan perundangan.

“Harapan kita ketiga orang ini proses PAW-nya bisa segera tuntas, hal ini harus segera dilakukan paling tidak 30 hari sebelum hari H atau setidaknya selesai tanggal 9 Oktober 2020,” jelas Anam.

Anam optimis hal tersebut bisa dilakukan karena masih cukup banyak waktu untuk memproses PAW. Jika tidak ada kendala segera ada proses pergantian nomor urut berikutnya dari ketiga calon tersebut.

Adapun untuk pengganti Armuji yang diajukan oleh KPU adalah Yordan M. Batargoa yang ada di peringkat 4 Dapil 1 Surabaya, kemudian untuk pengganti Khozanah Hidayati adalah Nur Azis yang berada di peringkat 3 PKB Dapil 12 dan untuk pengganti Aditya Halindra Faridzky adalah Freddy Poernomo dari Partai Golkar yang juga Dapil 12.

“Mudah-mudahan proses ini segera selesai dan juga 9 anggota DPRD kabupaten/kota juga selesai paling tidak 30 hari sebelum hari H, dan semuanya juga masih berproses di KPU masing-masing kabupaten/kota,” pungkas Anam.

Sebagaimana diketahui, anggota DPR, ASN, dari BUMD dan BUMN harus mundur dari jabatannya untuk ikut kontestasi pilkada, kecuali kepala daerah yang bisa cuti dari jabatannya.

Adapun untuk Provinsi Jawa Timur, tercatat ada 84 orang calon yang ikut kontestasi di pilkada serentak di 19 kabupaten/kota pada 9 Desember 2020 nanti. Dari jumlah tersebut, ada 13 calon yang berstatus sebagai anggota parlemen, baik DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Rinciannya 1 dari DPR RI, 3 dari DPRD Provinsi, dan 9 dari DPRD Kabupaten/Kota,” pungkas Choirul Anam. (mdr/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Kamis, 03 Desember 2020 15:46 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...