Rabu, 27 Januari 2021 01:12

Nama Wali Kota Kediri Dicatut Oknum untuk Permintaan Sumbangan, Masyarakat Diminta Waspada

Rabu, 02 September 2020 16:06 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Nama Wali Kota Kediri Dicatut Oknum untuk Permintaan Sumbangan, Masyarakat Diminta Waspada
Tangkapan layar percakapan WhatsApp yang menunjukkan seorang oknum mengaku sebagai Wali Kota Kediri untuk meminta sumbangan.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sejumlah warga dan tokoh agama pondok pesantren di Kota Kediri mengaku mendapatkan pesan WhatsApp yang berisi permintaan sumbangan (donasi) dan hadiah yang mengatasnamakan pribadi Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. Intinya, nomor tersebut meminta sejumlah uang untuk ditransfer dan menghubungi nomor tertentu untuk konfirmasi hadiah.

"Dengan ini, saya tegaskan itu tidak benar. Saya maupun seluruh jajaran Pemerintah Kota Kediri tidak sedang mengadakan kegiatan tersebut," tegas Abdullah Abu Bakar, Rabu (2/9).

Wali kota yang biasa disapa Mas Abu ini mengimbau warga Kota Kediri yang ingin membantu atau memberikan donasi terkait Covid-19 bisa menghubungi platform Si Jamal, kumpulan lembaga Amal dan Amil Zakat yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Kediri.

"Dengan Si Jamal, justru donasi bisa tersalurkan dengan transparan dan tepat sasaran. Bukan melalui saya secara pribadi," tambah Mas Abu.

Mas Abu berharap warga Kota Kediri tidak mudah percaya jika ada pesan WA, telepon, ataupun SMS yang mengatasnamakan Wali Kota Kediri, keluarga, ataupun pejabat Pemkot Kediri untuk meminta sejumlah dana. Ia memastikan itu adalah ulah oknum penipu.

"Warga Kota Kediri saya rasa sudah cerdas untuk membedakan mana pesan penipuan dan mana pesan yang benar. Sebagai wali kota, saya akan memakai saluran resmi, baik melalui media sosial pribadi, ataupun media sosial yang dikelola Pemkot Kediri untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat," jelasnya.

Secara pribadi, Mas Abu berterima kasih pada warga yang proaktif untuk melaporkan kejadian ini, sehingga tidak menimbulkan korban kerugian materiil bagi pihak yang bisa dikecoh oleh kalangan penipu ini. (uji/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...