Mayoritas Dipicu Masalah Ekonomi, Kasus Perceraian di Ngawi Capai Ratusan Setiap Bulannya

Mayoritas Dipicu Masalah Ekonomi, Kasus Perceraian di Ngawi Capai Ratusan Setiap Bulannya Antrean sidang di PA Ngawi. (foto: ist).

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Kasus  di Kabupaten  yang ditangani oleh Pengadilan Agama (PA)  setiap bulannya, menembus pada angka ratusan. Angka itu didominasi gugat cerai yang dilakukan oleh para istri.

Namun sebelum diberlakukannya New Normal, kasus sempat menurun drastis pada saat bulan Maret, April, dan Mei dikarenakan tidak adanya aktivitas persidangan untuk kasus di PA pada bulan-bulan tersebut.

"Mulai bulan Maret, April, Mei kita tidak ada aktivitas persidangan, namun memang ada berkas kasus yang kita terima," ujar Hidayat Mursito, Panitera Bidang Hukum, Selasa (1/9/2020).

Ia menjelaskan, setelah Kabupaten memberlakukan New Normal, maka PA pun mulai menerima kasus . Mulai dari bulan Juni, Juli, hingga Agustus, ratusan kasus diterima oleh Pengadilan Agama .

"Untuk bulan Agustus kita menerima 177 kasus, bulan Juli 240 kasus, dan bulan Juni 258 kasus, memang cenderung menurun dari jumlah kasus. Sedangkan dari kasus yang masuk mayoritas merupakan gugatan dari para istri (gugat cerai)," jelasnya.

Ia mengungkapkan, sementara yang menjadi alasan bagi para istri mengajukan gugatan cerai terhadap pasangannya adalah mayoritas dipicu masalah ekonomi. Termasuk para istri yang sedang pergi merantau, yang awalnya disebabkan alasan ekonomi, akhirnya menjadi permasalahan dalam keluarga.

"Yang mendominasi alasan mereka mengajukan gugatan cerai karena ekonomi termasuk para TKW," pungkasnya. (nal/ros).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Gara-Gara Digugat Cerai, Suami Tikam Istri di Dalam Ruang ATM':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO