Rabu, 21 April 2021 16:08

​Bernostalgia, Menkopolhukam Mahfud MD Lihat Kamarnya Saat Nyantri di PP Al-Mardliyyah

Jumat, 31 Juli 2020 20:45 WIB
Editor: MMA
​Bernostalgia, Menkopolhukam Mahfud MD Lihat Kamarnya Saat Nyantri di PP Al-Mardliyyah
Menkopolhukam Mahfud MD (kedua dari kiri) didampingi Imam Marsudi (nomor tiga dari kiri), Cak Firman (paling kiri), dan Kapolres Pamekasan Djoko Lestari saat ziarah ke Makam Pendiri Pondok Pesantren yang sekaligus guru ngaji Mahfud MD kecil, yaitu Almaghfurlah KH Mardliyyan. foto: ist/ bangsaonline.com

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Pulau Madura terkenal dengan tradisi lebaran Idul Adha yang luar biasa. Masyarakat Madura menyebut Idul Adha dengan nama Tellasen Arerajah atau Tellasen Ajjih. Perayaan Idul Adha di Madura selalu lebih meriah daripada Idul Fitri. Bahkan hampir semua warga Madura perantauan pulang kampung alias toron.

Di antara perantau yang toron pada Tellasen Arerajah hari ini adalah Menkopolhukam RI Mahfud MD. Mahfud MD pulang ke Pamekasan Madura, berkumpul dengan keluarganya.

Setelah puas berkumpul dengan keluarga, Mahfud MD yang pernah tak diakui sebagai kader NU oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil itu, menuju ke Pondok Pesantren (PP) Al-Mardliyyah Waru, Pamekasan. Kunjungan Mahfud MD yang kader tulen NU dan punya komitmen tinggi terhadap ormas keagamaan yang didirikan Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu ke PP Nahdliyyin, dalam rangka tabarrukan (ngalap berkah) sebagai salah satu alumni.

Kedatangan Mahfud MD sangat mendadak sehingga membuat pihak pesantren terkejut, termasuk pengasuh Ponpes Al-Mardliyyah KH Sihabuddin.

BACA JUGA : 

Warga Antusias, Bazar Murah Lapas Kelas IIA Pamekasan Tambah Penjualan Paket Sembako

Masih Pandemi, Makam Mbah Wasil Kediri Belum Bisa Diziarahi

Rumah Zakat Berbagi dengan Kaum Dhuafa di Daerah Pedalaman Pamekasan

Demokrasi Bisa Diisi Kebaikan, Bisa Diselewengkan, Jika Penganut Agama Gagal Isi Ruh Nilai Mulia

"Sengaja saya tidak memberi tahu terlebih dahulu, takut nanti ramai-ramai. Lebih enak sepi begini, apalagi situasi pandemik," kata Mahfud MD kepada Kiai Sihabuddin.

Rombongan Menkopolhukam Mahfud MD juga sangat terbatas. Hanya Staf Khusus Imam Marsudi, Koordinator Sahabat Mahfud MD Jawa Timur yang juga Bakal Calon Wali Kota Surabaya Firman Syah Ali yang akrab disapa Cak Firman. Juga tampak Kapolres Pamekasan Djoko Lestari dan beberapa anggota keluarga Mahfud MD.

Begitu tiba di pondok pesantren tersebut, Menko Polhukam Mahfud MD beserta rombongan kecilnya langsung meninjau tanah calon lokasi pengembangan pondok pesantren. Setelah itu Mahfud MD bernostalgia melihat kamar sederhananya saat masih mondok dulu. Kegiatan berikutnya adalah melihat kolam pemandian santri, tempat mandi saat nyantri dulu.

Kegiatan terakhir Mahfud MD di pondok pesantren tersebut adalah ziarah ke Makam Pendiri Pondok Pesantren yang sekaligus guru ngaji Mahfud MD kecil, yaitu Almaghfurlah KH Mardliyyan.

Kiai Sihabuddin berdoa semoga Menkopolhukam Mahfud MD selalu dibimbing dan dilindungi Allah SWT dalam menjalankan amanahnya sebagai pejabat negara. (tim)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 21 April 2021 06:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mengerikan. Mobil mewah Tesla terbakar. Yang menjadi misteri, tak ditemukan mayat di kursi kemudi. Mayat hanya ditemukan di kursi samping dan jok belakang.Apa sistem autopilot yang jadi kebanggaan Tesla tidak berfung...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...