Rabu, 16 Juni 2021 05:26

Kirim Surat Resmi ke KPU Jember, ​Pansus Pilkada DPRD Minta Data Dukungan Perseorangan

Kamis, 09 Juli 2020 20:02 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Indrawan
Kirim Surat Resmi ke KPU Jember, ​Pansus Pilkada DPRD Minta Data Dukungan Perseorangan
Panitia Khusus (Pansus) DPRD Jember saat menggelar rapat dengar pendapat (RDP).

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Panitia Khusus (Pansus) DPRD Jember menggelar rapat dengar pendapat (RDP) tentang persoalan keterbukaan informasi publik terhadap data dukungan perseorangan dalam Pilkada 2020. Oleh demikian, pansus berkirim surat resmi untuk meminta data tersebut kepada KPU Jember.

Saat ini, proses tahapan Pilkada 2020 di Jember memasuki tahapan verifikasi faktual, yakni untuk mencocokkan data dukungan dengan masyarakat secara langsung.

Wakil Ketua Pansus DPRD Jember, Tabroni menyampaikan proses ini melibatkan masyarakat yang mendukung. Ia meminta data siapa saja yang mendukung calon perseorangan agar diberikan secara terbuka kepada publik.

"Ya kan banyak yang meminta bantuan kepada pansus untuk membuka data. Sebab, beberapa LSM meminta data tersebut, karena (LSM) tidak bisa mengakses langsung," ujarnya usai RDP di DPRD Jember, Kamis (9/7/2020).

BACA JUGA : 

OPD Mangkir Panggilan Pansus DPRD, Bupati Hendy Akan Minta Bantuan Polisi

DPRD Jember Minta BPK Audit Investigasi Dana Covid-19 Rp 107 Miliar

Sikapi Hasil Audit BPK, DPRD Jember Segera Siapkan Rapim

Pimpinan Dewan Prediksi Laporan Keuangan Pemkab Jember akan Dapat Predikat Disclaimer Lagi

Hasil pertemuan tersebut, KPU Jember tidak bisa serta-merta memberikan data yang diminta oleh LSM. KPU Jember menyarankan agar berkirim surat resmi terlebih dahulu untuk meminta dan mengakses data tersebut.

"Tadi waktu rapat dengar pendapat, KPU Jember tidak bisa mengeluarkan data, jadi kita diminta berkirim surat resmi kepada KPU Jember yang nantinya akan diplenokan, apakah bisa diberikan atau tidak. Secepatnya, Pansus DPRD Jember akan berkirim surat resmi untuk meminta hal itu," jelasnya.

Tabroni menyatakan, permintaan data dukungan ini bukan tanpa alasan. Sebab, ia menilai ada kejanggalan di KPU. "Bantuan yang diberikan pemerintah saja bisa terpampang di setiap desa, sedangkan data dukungan oleh KPU tidak diperbolehkan untuk dipublikasikan ke masyarakat. Kita merasa aneh juga," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember, Muhammad Syai'in menyampaikan bahwa data dukungan itu berisikan nama, NIK, alamat, dan data diri lainnya, sehingga pihaknya tidak bisa memberikan sembarangan.

"Kami ada aturan yang mengatur, sehingga data diri itu kan melekat ada nama, alamat, NIK, dan lainnya, sehingga kita tidak bisa memberikan data. Untuk hal ini kami akan berkoordinasi dulu dengan KPU Provinsi dan KPU RI," bebernya.

Dia menyebut siapa saja yang dapat meminta dan mengakses data tersebut. "Data dukungan perseorangan hanya bisa dilihat oleh Bawaslu, pasangan perseorangan, dan LO dari pasangan perseorangan saja," tukasnya. (jbr1/yud/zar)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipan...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...