Sabtu, 08 Agustus 2020 01:19

Tekan Penyebaran Covid-19, Forkopimda Batu Sidak Tempat Nongkrong

Minggu, 05 Juli 2020 20:44 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Tekan Penyebaran Covid-19, Forkopimda Batu Sidak Tempat Nongkrong
Wali Kota Dewanti Rumpoko dan Kapolres Batu saat menyapa pengunjung Alun-alun dan PKL di sekitar Alun-alun.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Guna menekan laju penyebaran Covid-19, jajaran Forkopimda Batu melakukan sidak ke sejumlah tempat nongkrong. Antara lain di Alun-alun, Cafe Omah Kumpul, dan di Jalan Jalibar, Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Sabtu (4/7) malam.

Dalam kegiatan itu, tim tidak hanya mengingatkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan saja, melainkan juga melakukan rapid test bagi warga yang berasal dari luar Kota Batu.

Untuk di Alun-alun, sedikitnya ada 16 orang dilakukan rapid test. Kemudian di Cafe Omah Kumpul ada 2 orang, dan di Jalan Jalibar terdapat 19 orang yang di-rapid test. Mereka diketahui berasal dari daerah luar Kota Batu, di antaranya dari Surabaya, Nganjuk, Pasuruan, Sidoarjo, Kota Malang, dan Kabupaten Malang. Hasil rapid test, semua dinyatakan non-reaktif.

Menurut Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, berdasarkan pemantauannya masyarakat Kota Batu dan wisatawan sudah 95 persen menggunakan masker.

"Setiap hari kami akan terus berpatroli untuk mengontrol dan mendisiplinkan masyarakat. Teringat penegasan dari Gubernur Jawa Timur Bu Khofifah yang mengatakan bahwa 70 persen masyarakat Jatim tidak disiplin menggunakan masker. Tapi alhamdulillah untuk Kota Batu jauh sudah lebih baik," katanya.

Pihaknya mengatakan telah menyiagakan aparat dari Kepolisian, TNI, serta Satpol PP untuk mendisiplinkan pengunjung di tempat-tempat rawan kerumunan, salah satunya alun-alun.

Dalam sidak tersebut, wali kota juga menyambangi pedagang makanan dan minuman di Pasar Laron dan Food Court. Ia menyebut, hampir semua pedagang sudah menggunakan masker. Bahkan ada juga yang menggunakan face shield.

"Saya sudah bilang ke Pak Eko Suhartono, Kepala Diskoperindag, bagi pedagang yang ketahuan tidak menggunakan masker tidak diperbolehkan berjualan karena kami ingin menjaga Kota Wisata Batu, terutama pedagang," tagasnya.

Wali Kota juga menegaskan bahwa nantinya ia akan meminta wawali secara bergantian mengontrol masyarakat, apakah sudah disiplin atau tidak.

Sementara itu Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama mengatakan, ada sejumlah 500 masker yang dibagikan kepada masyarakat pada saat sidak dilakukan.

"Kegiatan yang dilakukan sebagai upaya mendukung gerakan Jatim Bermasker, Jatim Sehat ini tetap terus kami gelorakan karena masih diketahui ada masyarakat yang habis makan atau rokokan maskernya tidak dipakai kembali," katanya. (asa/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...