Gunakan APD, Koramil Sekaran Lamongan Bantu Pemakaman PDP Covid-19

Gunakan APD, Koramil Sekaran Lamongan Bantu Pemakaman PDP Covid-19 TNI AD saat membantu proses pemakaman dengan menggunakan APD lengkap.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap, personel TNI dari Koramil 0812/16 Sekaran jajaran Kodim 0812/Lamongan membantu proses pemakaman pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 oleh Satgas Covid-19, Kamis (04/06/2020) pagi. PDP tersebut meninggal di RSUD Dr. Soegiri karena penyakit jantung.

Pemakaman dilaksanakan di tempat pemakaman umum (TPU) Desa Sungegeneng Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan, sesuai dengan SOP pemulasaran jenazah Covid-19.

Danramil Sekaran, Kapten Inf. Ali Mahfud menjelaskan, berdasarkan keterangan Direktur RSUD Dr. Soegiri, bahwa pasien tersebut sebelum meninggal saat menjalani perawatan. Sebelumnya, korban mengeluh sesak napas dan serangan jantung.

"Berdasarkan laporan sementara, penyebab meninggalnya pasien tersebut akibat penyakit bawaan yang diidapnya," katanya.

Usai dinyatakan bahwa pasien meninggal, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lamongan, terutama di Kecamatan Sekaran, melakukan sosialisasi kepada keluarga dan masyarakat terkait prosesi pemakaman khusus jenazah Covid-19 tersebut.

"Keluarga memahami dan menyetujui pemakaman dilakukan sesuai protokol penanganan jenazah Covid-19," ujarnya.

Setelah dilakukan pemulasaran jenazah di RSUD Dr. Soegiri, jenazah langsung dibawa ke pemakaman.

“Berangkat dari RSUD Dr. Soegiri, sampai ke tempat pemakaman, personel gabungan dari Koramil 0812/16 Sekaran dan Polsek Sekaran melakukan pengawalan, agar keluarga maupun pelayat tidak ada yang mendekat,” ujarnya.

Dandim 0812 Lamongan, Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han, mengaku sangat mengapresiasi upaya pengawalan dan pemakaman oleh tim gabungan.

“Hal ini dilakukan agar kita semua terhindar dari bahaya penularannya. Untuk itu, saya juga menyampaikan terima kasih atas kerja sama semua pihak. Semoga kita dapat segera keluar dari pandemi Covid-19 ini,” harapnya. (qom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO