Rabu, 12 Agustus 2020 12:49

Hari Ini, Semua Pusat Perbelanjaan di Jember Kembali Aktif Beroperasi

Jumat, 22 Mei 2020 16:21 WIB
Editor: .
Wartawan: Yudi Indrawan
Hari Ini, Semua Pusat Perbelanjaan di Jember Kembali Aktif Beroperasi
Suasana Lippo Plaza Jember saat pertama kali buka sejak tutup akibat pandemik Covid-19.

JEMBER, BANGSAONLINE.com – Setelah sebulan lebih tutup dan tidak beroperasi, Lippo Plaza Jember kembali beroperasi hari ini, Jumat (22/5/2020). Dengan kembali beroperasinya Lippo Plaza Jember, artinya seluruh pusat perbelanjaan seperti Golden Market, Roxy Mall, Nico, Johar Plaza, dan lainnya, yang ada di Jember aktif kembali.

Namun demikian, kembali beroperasinya seluruh pusat perbelanjaan di Jember ini harus mengikuti protokol keamanan Covid-19. Sesuai yang diinstruksikan pemerintah setempat.

Para pengunjung pusat perbelanjaan harus cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu sebelum masuk toko, diukur suhu tubuhnya dengan thermogun, juga menaati aturan social distancing, ataupun physical distancing. Bahkan ada salah satu toko menerapkan larangan masuk bagi pengunjung yang menggunakan gelang tanda baru pulang dari luar kota.

Salah satu pengunjung Lippo Plaza Jember Mariska, mengaku dilema dengan dibukanya kembali pusat perbelanjaan di Jember. Ia menyikapinya dengan senang dan juga takut, karena saat ini kondisi masih pandemik Covid-19. Tapi yang membuatnya yakin aman, asalkan tetap menjaga kebersihan dan cuci tangan.

“Karena ada yang mau dibeli, makanya keluar dan jalan ke mall ini. Tapi juga gak sering keluar kok. Baru sekarang ini. Saya tahunya Lippo buka lagi, dari (akun) Instagramnya,” kata Mariska saat dikonfirmasi sembari berbelanja memilih barang.

Ditanya apa kebutuhan mendesak yang dibeli, hingga harus berangkat ke pusat perbelanjaan? “Ini beli sisir. Kemudian sebelumnya jika butuh yang lain, seperti belanja makanan juga di (lantai) bawah (pusat swalayan). Karena supermarketnya kan tidak tutup, jadi ya tetap belanja,” ungkapnya.

Adakah perasaan takut tertular virus Covid-19? Ibu dari satu orang anak ini mengaku awalnya takut. “Takut sih iya, tapi saya tetap menjaga kebersihan, dan rajin mencuci tangan, juga antisipasi diri dengan menggunakan hand sanitizer. Saya juga memilih belanja di supermarket, karena tidak enak belanja di pasar,” ujarnya.

Sementara itu, saat wartawan berpindah mengecek pengunjung di Golden Market Jember, suasananya tak jauh berbeda dengan Lippo Plaza. Tampak masih banyak pengunjung yang berbelanja kebutuhan lebaran seperti halnya baju dan celana.

Salah satu pengunjung toko, Nurhan mengatakan, dirinya tetap berbelanja baju baru, karena masyarakat lainnya juga belanja.

“Lah saya belanja baju, yang lain juga belanja, jadi kan sama saja. Jadi ya ikut belanja juga,” kata pria yang baru setahun tinggal di Jember ini.

Nurhan yang mengaku sebagai warga pendatang dari Kalimantan Timur itu, mengaku dirinya tetap mengedepankan langkah antisipasi untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19. “Ya saya menerapkan instruksi dan aturan pemerintah. Cuci tangan rajin, pakai masker, juga tidak berkumpul atau bergerombol. Kalau soal belanja, ya karena mau lebaran, jadi beli baju ini. Permisi ya mas,” katanya sembari meninggalkan wartawan.

Menyikapi masih banyaknya pengunjung toko dan mall di masa Pandemik Covid-19, manajemen Lippo Plaza Jember enggan memberikan komentar lebih jauh.

“Kami sudah memposting semua informasi (Lippo Plaza Jember) di Instagram (@lippoplazajember_official). Itu info yang valid. Tapi banyak komen yang pro dan kontra. Untuk (konfirmasi berita) pertanyaan, bisa dikirim via email, ke yourlippoplazajember@gmail.com, untuk bisa dijelaskan detail,” kata Marcomm Lippo Plaza Jember, Chika melalui pesan singkat WhatsApp.

“Saat ini momennya agak sensitif, jadi untuk menanggapi pertanyaan media, atasan saya yang jawab. Atau datang langsung ke Lippo dan temui atasan saya,” sambungnya.

Sementara itu HRD Golden Market Jember Andrey Wellyam mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Polres Jember sebagai langkah antisipasi untuk mengatasi ramainya pengunjung.

“Kami bekerja sama dengan polres, dan lebih ketat dari sebelumnya. Di mana dibagi menjadi dua shift penjagaan. Pagi sampai sore, dan sore sampai malam. Untuk jam beroperasi kami, dari pukul 9 pagi sampai 9 malam, kecuali untuk deptstore, bukanya lebih pagi sedikit, tapi tutupnya lebih awal,” kata pria yang akrab dipanggil Andrey ini.

Teknis untuk protokol keamanan meminimalisir penyebaran Virus Covid-19, yakni dengan menjaga jarak antar pengunjung saat antre pembayaran, mengukur suhu tubuh, tidak berkumpul dalam satu titik, dan juga pengunjung selalu diimbau menggunakan masker.

“Jika tidak pakai masker tidak kami izinkan masuk toko. Atau misalkan dipakai, terus dilepas, kami ingatkan untuk dipakai lagi. Cuci tangan sebelum masuk toko, atau menggunakan hand sanitizer jika antrean pengunjung panjang. Juga bagi pengunjung yang menggunakan gelang warna merah atau kuning, tidak boleh masuk toko,” katanya. (ata/yud)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...