Sabtu, 30 Mei 2020 11:36

​Ramadan saat Pandemi, Ponpes di Jombang Ngaji secara Online

Jumat, 01 Mei 2020 12:31 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Aan Amrullah
​Ramadan saat Pandemi, Ponpes di Jombang Ngaji secara Online
Gus Ayik saat pengajian secara online dengan jemaah lain.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Salah satu Pondok Pesantren (Ponpes), di Kabupaten Jombang menggelar pengajian online untuk para santrinya yang sudah pulang kampung sejak wabah Covid-19 merebak.

Seperti yang dilakukan oleh Ponpes Mambaul Ma'arif Asrama Sunan Ampel Denanyar, Jombang. Meskipun para santri sudah dipulangkan karena pandemi Covid-19, namun para santri tetap bisa mengikuti kegiatan pengajian rutin yang sudah terjadwal selama bulan Ramadan ini.

Dengan dipimpin langsung oleh para masyayikh pondok melalui daring, pengajian diikuti para santri di rumah masing-masing, dengan menyimak kajian kitab. Pengajian itu bisa diikuti para santri secara daring melalui media sosial YouTube, Instagram, maupun Facebook.

Jadwal pengajian online digelar pada sore hari menjelang buka puasa dengan kajian kitab kuning Arbain Nawawi. Pengajian sore itu diisi langsung oleh putra Pengasuh Asrama Sunan Ampel Ponpes Mambaul Ma'arif Denanyar, Ahmad Athoillah atau Gus Ayik.

“Dengan adanya anjuran dari pemerintah terkait adanya pandemi Covid-19 ini, semua santri memang sudah kita pulangkan semua. Sehingga kami para keluarga pondok pesantren, para masyayikh mengadakan pengajian online agar tetap bisa diikuti oleh para santri,” ucapnya usai mengisi pengajian online, Kamis (30/04).

Gus Ayik menyampaikan, pengajian online ini memang harus dilakukan agar para santri tetap mendapatkan bekal keilmuan meski berada di rumah. Pengajian online ini akan terus dilakukan oleh pihak pondok sepanjang situasi pandemi Covid-19 masih ada.

“Dengan mengikuti pengajian ini, hubungan antara masyayikh dengan santri masih tetap nyambung meskipun secara online ini. Jadi tetap bisa belajar ilmu dari para masyayikhnya,” tegas dia.

Masih menurut Gus Ayik, pengajian secara online ini memang menjadi satu-satunya solusi di situasi saat ini. Namun, banyak santri yang berharap bisa mengikuti pengajian secara langsung. Karena itu, ia mendoakan agar kondisi pandemi Covid-19 ini segera berlalu, sehingga para santri bisa mengikuti pengajian secara langsung dengan para masyayikhnya.

“Kami berharap serta berdo’a semoga wabah Covid-19 ini segera selesai, agar semua bisa belajar. Banyak para santri yang mengeluh, lebih enak ngaji itu bisa langsung ketemu dengan masyayikhnya,” pungkasnya. (aan/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...