Puluhan Santri Ponpes Temboro Asal Pacitan akan Di-Rapid Test dan Swab Test

Puluhan Santri Ponpes Temboro Asal Pacitan akan Di-Rapid Test dan Swab Test Ilustrasi alat rapid test.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pemkab bakal melakukan swab test terhadap puluhan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fattah, Temboro, Kabupaten Magetan, yang saat ini sudah pulang kampung ke .

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pemkab , Rachmad Dwiyanto, ada sekitar 60 santri dan santriwati yang akan di-rapid dan swab test oleh gugus tugas. "Kemungkinan pekan depan mereka akan kita rapid test dan uji swab," ujar Rachmad, Ahad (26/4).

Ia mengungkapkan, gugus tugas telah melakukan pengadaan sebanyak 800 unit rapid test kit. "Awalnya alat deteksi dini tersebut hanya bisa didatangkan dari China. Namun seiring tingginya permintaan, Kemenkes akhirnya mengeluarkan rekomendasi untuk alat rapid test buatan dalam negeri. Sehingga kita bisa mengadakan 800 unit, yang diperkirakan sampai pada Rabu pekan depan," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, puluhan santri Ponpes Temboro itu berasal dri 12 kecamatan di Kabupaten . "Mereka tersebar di 20 desa dan 5 kelurahan di wilayah Kecamatan . Namun jumlah mayoritas ada di kawasan kota," ujar Rachmad.

"Saat ini telah dipetakan berapa jumlah santri dan santriwati yang pulang. Hampir seluruhnya menyebar di 12 kecamatan di . Data sementara ada sekitar 60 santri yang saat ini sudah berada di ," jelas mantan Kepala Dinkes ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO