Manfaatkan WA, Mahasiswa ini Galang Donasi, Lalu Buat APD Face Shield untuk Dibagikan Gratis

Manfaatkan WA, Mahasiswa ini Galang Donasi, Lalu Buat APD Face Shield untuk Dibagikan Gratis Agung Dwi Susilo menunjukkan face shield karyanya yang akan dibagikan ke petugas medis.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Seorang mahasiswa asal Universitas Muhammadiyah memanfaatkan chat WhatsApp untuk mengumpulkan donasi guna membuat alat pelindung diri (APD) face shield (pelindung wajah). Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unmuh ini bernama Agung Dwi Susilo.

Kini, ia mampu membuat 1.500 lebih APD face shield yang kemudian dibagikan gratis ke tiap-tiap puskesmas dan rumah sakit. Baik wilayah sendiri, dan juga di Kabupaten Bondowoso, serta Banyuwangi.

"Awal membuat ini sekitar akhir Maret kemarin, karena melihat kakak saya yang menjadi perawat di rumah sakit, tapi kesulitan mendapatkan APD, apalagi jenis face shield yang jumlahnya terbatas," kata Agung saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (21/4/2020) pagi.

Atas dasar itulah, kata Agung, ia mencoba membuat APD face shield itu. Apalagi, hobinya memang membuat pekerjaan berbau prakarya

"Membuatnya mencari referensi di internet, juga lihat video-video di youtube. Beli bahannya pakai uang pribadi, seperti lembar mika tebal, isolasi, alat pembuat lubang dan pres, gabus atau spon untuk ganjal dahi, isolasi double tip, juga semacam pengikat agar saat dipakai tidak goyang topengnya (face shield, red) ini. Akhirnya berhasil membuat sekitar 7 pelindung wajah (face shield) itu awalnya," jelas mahasiswa asli ini.

Karena kebutuhan APD semakin banyak, dirinya pun ingin mencoba mengumpulkan donasi. Awalnya ragu, karena khawatir donasinya sedikit, dan tenaga pembuat APD-nya kurang.

"Tapi akhirnya memberanikan diri posting status, atau juga menyebarkan informasi dengan membagikan ke banyak nomor. Alhamdulillah, banyak donasi yang masuk mulai dari masyarakat umum, anggota BPBD, sampai Polsek Sumbersari," ungkapnya.

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO