Sabtu, 06 Juni 2020 08:34

Malang Over Kapasitas, Kajari Usulkan Pembangunan Rutan di Batu

Minggu, 29 Maret 2020 14:16 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Malang Over Kapasitas, Kajari Usulkan Pembangunan Rutan di Batu
Dr. Sri Heny Alamsari, Kajari Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu, Dr. Sri Heny Alamsari, S.H., M.H. menilai, sudah saatnya Kota Batu memiliki Rumah Tahanan (rutan) sendiri. Menurutnya, saat ini Rutan dan Lapas di Malang sudah over kapasitas.

"Sudah waktunya Wali Kota dan DPRD Kota Batu memikirkan pembangunan rutan sendiri. Sebab, Lapas dan Rutan di Malang sudah over kapasitas karena dihuni sekitar 3.000 orang," ujar Sri Heny, Minggu (29/3).

Menurutnya, wacana pembangunan gedung Rutan, termasuk gedung Pengadilan Negeri (PN) sudah digaungkan sejak tahun 2019. "Seharusnya kelengkapan kelembagaan di Kota Batu sudah harus ada. Apalagi Batu sudah berdiri 18 tahun yang lalu," terangnya.

Dia mengungkapkan, rata-rata sebulan jumlah perkara yang ditangani Kejari Batu antara 25 sampai 30 perkara. Sedangkan dalam setahun bisa mencapai 360 perkara lebih.

Tidak hanya gedung PN, pengadaan gedung Pengadilan Agama (PA) menurut Kepala Kantor Kemenag Kota Batu, Drs. H. Nawawi juga mendesak. 

"Di Kota Batu sudah layak didirikan gedung PA. Apalagi tren perceraian semakin meningkat. Tentu ini memerlukan lembaga mediasi, di samping lembaga yang sudah ada seperti KUA dan BP4," ujar Nawawi saat dikonfirmasi, Minggu (29/3).

Selain tingginya angka perceraian, pengadaan PA di Kota Batu karena faktor jarak. Selama ini, warga Kota Batu masih ikut persidangan perceraian di Pengadilan Agama Malang.

Sementara itu, H. Sudiono, anggota Komisi C DPRD Kota Batu merespons positif keinginan Kajari agar di Kota Batu segera dibangun gedung PN dan Rutan. Menurut politikus PKB ini, sebagai kota yang sudah definitif memang sudah saatnya kelengkapan kelembagaan tersedia di Kota Batu. Tidak hanya Gedung PN, Rutan, Pengadilan Agama, tetapi juga satuan setingkat Kodim.

"Tinggal bagaimana koordinasi Wali Kota dengan Ketua DPRD Kota Batu," ujarnya.

Untuk pengadaan lahan, Sudiono menyebut jika Pemkot Batu memiliki banyak aset gedung dan lahan yang bisa dimanfaatkan untuk lokasi sejumlah lembaga tersebut. (asa/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...