Anggota ISIS Pengancam Panglima TNI, Pernah Jadi Penjual Susu di Malang

Anggota ISIS Pengancam Panglima TNI, Pernah Jadi Penjual Susu di Malang Abu Jandal ternyata dulu bernama Salim Mubarok Attamimi dan pernah usaha menjual susu murni di Malang Jawa Timur. Foto: youtube/tempo.co.id

BangsaOnline-Video orang Indonesia yang mengaku sebagai anggota Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) kembali muncul di YouTube. Dalam rekaman tersebut, seorang pria berbahasa Indonesia mengancam Panglima TNI, polisi, serta Barisan Serbaguna (Banser) Anshor Nahdlatul Ulama. 


Lelaki tersebut ditengarai bernama Salim Mubarok Attamimi alias Abu Jandal al Yemeni al Indonesi. Selain video ancaman kepada TNI, Salim rupanya pernah mengunggah rekaman lain yang berisi ajakan untuk bergabung dengan ISIS.

Video yang diunggah pada Agustus 2014 itu diambil di pelataran sebuah masjid di Suriah dengan judul “Ucapan Selamat Ied dari Bumi Khilafah". Rekaman berdurasi 20 menit tersebut memperlihatkan Salim yang beraksi di tengah aktivitas muslim Suriah menjelang buka puasa. Beberapa angle gambar mirip tayangan televisi profesional.

Saat mengajak warga Indonesia bergabung dengan ISIS, Salim berlagak layaknya orator ulung. Dia berbicara lantang dengan bahasa Indonesia di tengah kerumunan anak-anak kecil warga Suriah.

Selain dua video itu, ada juga tayangan yang mengulas profil Salim. Di YouTube, ada video dengan narasi layaknya sebuah berita yang menyebutkan Salim pernah berjualan susu murni di . Ada rangkaian still photo yang menunjukkan Salim dalam balutan seragam militer dan menenteng senapan serbu AK-47.

Setelah jadi milisi ISIS, Salim mengubah namanya jadi  Abu Jandal Al-Yemeni. Asal tahu saja, Abu Jandal adalah nama pengawal setia Osama bin Laden. Sosok Abu Jandal pernah diulas dalam film berjudul The-Oath.

Sumber: tempo.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO