Gubernur Khofifah Audiensi dengan Tokoh Pengusaha Muslim Tionghoa, Canangkan Jatim Bebas Katarak

Gubernur Khofifah Audiensi dengan Tokoh Pengusaha Muslim Tionghoa, Canangkan Jatim Bebas Katarak Khofifah menerima audiensi rombongan yang dipimpin tokoh pengusaha muslim Tionghoa, Jos Soetomo di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima audiensi tiga elemen masyarakat multi etnis yang dipimpin pengusaha muslim tionghoa, Jos Soetomo. Tiga elemen tersebut, yaitu Yayasan Haji Muhammad Indonesia, Yayasan Sosial Abdi Husada Utama, dan Yayasan Jatidiri Bangsa.

Gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut, ingin (YHMCHI) menjadi motor dalam aksi-aksi kemasyarakatan di Jatim.

"Fokus daerah yang ada masjid -nya dulu, jangan terlalu meluas se Jawa Timur. Biar fokus. Perlu asosiasi se-Jatim yang melibatkan wilayah yang memang ada masjidnya tersebut. Mobilitas dalam asosiasi tersebut, baik dalam hal mobilitas agama, mobilitas sosial, maupun sosial media," ujarnya, Selasa (14/1) petang.

Masjid yang ada di Jatim misalnya, kata Gubernur, setiap 2 bulan sekali melakukan aksi-aksi sosial bersama di sejumlah daerah dengan bergantian. Seperti menyantuni anak yatim, membagikan sembako, hingga operasi katarak.

“Saya benar-benar menekankan soal operasi katarak ini, karena penyakit ini di Jatim cukup mengkhawatirkan,” katanya lagi.

Gubernur mengatakan, berdasarkan data yang ada, jumlah kebutaan di wilayahnya tergolong masih tinggi. Sedangkan penyumbang tertinggi disebabkan penyakit katarak.

"Saat ini angka kebutaan di Jatim masih tinggi, masih di atas rata-rata nasional. Penyebabnya, 80 persen kebutaan di Jatim karena katarak. Penyebabnya ini yang harus diatasi," kata Gubernur Khofifah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO