Kamis, 04 Juni 2020 11:59

Antisipasi Bencana, Polres Jombang Tanam Pohon di Lokasi Krisis Longsor

Jumat, 10 Januari 2020 14:33 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Aan Amrulloh
Antisipasi Bencana, Polres Jombang Tanam Pohon di Lokasi Krisis Longsor
Kapolres Jombang AKBP Boby Pa’ludin Tambunan saat tanam pohon di Kecamatan Bareng.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Bencana alam tak bisa dihindari, namun upaya untuk dapat meminimalisir kejadian tersebut dapat dilakukan. Seperti halnya menanam pohon guna mengantisipasi serta mencegah adanya bencana longsor.

Hal ini yang dilakukan Kepolisian Resort (Polres) Jombang dengan melakukan giat penanaman seribu pohon di wilayah krisis longsor yang berada di Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

Seperti kita ketahui, bahwa di wilayah tersebut pernah terjadi bencana longsor yang cukup dahsyat hingga menelan korban jiwa yang mencapai belasan orang pada 2014 lalu.

Kapolres Jombang, AKBP Boby Pa’ludin Tambunan mengatakan, pihaknya menanam sebanyak 3.000 pohon dari berbagai jenis di lereng-lereng bukit yang dirasa rawan akan terjadinya longsor. Di antaranya mahoni, trembesi, dan lain-lain. Pohon-pohon itu diharapkan bisa mencegah adanya bencana.

“Hari ini kita menanam 3.000 pohon yang tujuannya untuk mengantisipasi, serta diharapkan bisa mencegah adanya bencana longsor,” ucapnya usai gelar apel penanaman pohon di Lapangan Tembak Brimob, Kecamatan Bareng, Jum’at (10/01/20).

Menurut Boby, penanaman di sekitar lereng-lereng yang memiliki kemiringan lebih sangat diperlukan, sebab terlihat dari segi penahannya masih kurang.

“Terlihat pohon-pohon yang tumbuh di sekitar lereng tak terlalu besar. Dikawatirkan jika nanti terjadi hujan besar yang volumenya cukup deras akan terjadi longsor,” terangnya.

Selain pohon untuk penahan longsor, Polres Jombang juga menanam berbagai pohon yang bermanfaat bagi lingkungan serta masyarakat sekitar. Misalnya pohon yang berbuah dan yang mengandung oksigen. Giat penanaman pohon tersebut juga diikuti oleh ibu-ibu Bhayangkari dan beberapa perwakilan dari masyarakat serta adik-adik pramuka. (aan/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...