Sabtu, 08 Agustus 2020 05:10

​Boeing 737 Milik Ukraina Jatuh di Teheran Iran, 176 Tewas

Rabu, 08 Januari 2020 19:06 WIB
Editor: choirul
​Boeing 737 Milik Ukraina Jatuh di Teheran Iran,  176 Tewas
pesawat diarahkan ke lapangan sebelum meledak. foto: theguardian

BANGSAONLINE.com – Pesawat penumpang Boeing 737-800 milik Ukraina International Airlines, menuju ibukota Ukraina, Kyiv, jatuh beberapa menit setelah lepas landas dari bandara internasional utama Teheran, menewaskan 176 orang.

Bulan Sabit Merah Iran mengatakan tidak ada peluang menemukan orang yang selamat, dan Pir Hossein Kulivand, seorang pejabat darurat Iran mengatakan kepada TV pemerintah, semua yang berada di pesawat tewas dalam kecelakaan itu.

Para korban kecelakaan itu termasuk 82 warga Iran, 63 warga Kanada, 11 warga Ukraina, 10 warga Swedia, empat warga Afghanistan, tiga warga Jerman dan tiga warga Inggris, kata menteri luar negeri Ukraina, Vadym Prystaiko. “Kami menyampaikan belasungkawa kami. Otoritas Ukraina terus menyelidiki,” kata Prystaiko.

Pejabat maskapai mengatakan sebagian besar penumpang dalam perjalanan ke ibukota Ukraina, transit di sana ke tujuan lain. "Pesawat itu jatuh lima menit setelah lepas landas," kata juru bicara penerbangan sipil Reza Jafarzadeh. "Pilot tidak memiliki kontak dengan menara dan tidak mengumumkan situasi darurat sebelum kecelakaan."

Tim penyelamat bekerja di tengah reruntuhan setelah sebuah pesawat Ukraina jatuh di dekat bandara Imam Khomeini di ibukota Iran, Teheran.

Boeing 737-800 dioperasikan oleh Ukraina International Airlines lepas landas dari bandara internasional Imam Khomeini pukul 06.12 waktu Teheran pada hari Rabu, setelah ditunda hampir satu jam. Pesawat melaju ke barat, tetapi tidak pernah berhasil di atas 8.000 kaki dan turun sekitar 10 menit kemudian, menurut situs web pelacakan penerbangan.

Tidak ada indikasi awal bahwa kecelakaan itu terkait dengan serangan rudal Rabu pagi di pangkalan-pangkalan di Irak yang menampung pasukan AS dan koalisi. Baik pejabat Ukraina dan Iran mengatakan mereka curiga ada masalah mekanis yang menjatuhkan pesawat.

Sebuah video yang konon tentang tabrakan yang diedarkan Isna memperlihatkan pesawat itu terbakar saat jatuh dari langit. Boeing merilis pernyataan singkat yang mengatakan mengetahui laporan media tentang bencana dan mengumpulkan lebih banyak informasi.

737-800 sekelas dengan pesawat 737 Max 8, yang mengalami kecelakaan di Indonesia dan Ethiopia. The 737-800 beroperasi dengan sistem perangkat lunak yang berbeda dengan yang terlibat dalam crash Max 8.

Yevheniy Dykhne, presiden Ukraine International Airlines, mengatakan itu adalah "salah satu pesawat terbaik yang kami miliki, dengan awak yang luar biasa dan dapat diandalkan". Pesawat itu kurang dari empat tahun. Sembilan orang Ukraina di atas kapal adalah kru. Ukraine International Airlines menangguhkan penerbangan ke Teheran tanpa batas waktu.

Sebuah tim investigasi kini berada di lokasi kecelakaan di pinggiran barat daya Teheran, kata Jafarzadeh. "Setelah lepas landas dari bandara internasional Imam Khomeini, pesawat itu jatuh antara Parand dan Shahriar," kata Jafarzadeh.

Qassem Biniaz, juru bicara Kementerian Transportasi dan Jalan Iran, mengatakan kepada kantor berita Irna, tampaknya pilot kehilangan kendali setelah kebakaran terjadi do salah satu mesin pesawat.

Hassan Rezaeifar, Kepala Komite Penyelidikan Kecelakaan Udara, mengatakan tampaknya pilot tidak dapat berkomunikasi dengan pengontrol lalu lintas udara di Teheran pada saat-saat terakhir penerbangan. Dia tidak memberikan perincian lebih lanjut.

Pihak berwenang Ukraina telah menawarkan untuk membantu penyelidikan. "Tugas kami adalah menetapkan penyebab jatuhnya Boeing dan memberikan semua bantuan yang diperlukan kepada keluarga para korban," kata Pembicara Parlemen Ukraina, Dmytro Razumkov, dalam sebuah pernyataan di Facebook.

Presiden Volodymyr Zelenskiy yang berkunjung ke Oman menyampaikan belasungkawa kepada mereka yang terkena dampak.

Wartawan dari Associated Press, yang tiba di lokasi kecelakaan pada Rabu pagi, menggambarkan tanah pertanian yang penuh dengan puing-puing. Mayat tergeletak di antara potongan-potongan pesawat yang hancur. Barang-barang mereka, sikat gigi elektrik anak-anak, boneka binatang, koper, dan elektronik, berserakan ke mana-mana.

Satu-satunya hal yang berhasil dilakukan pilot adalah mengarahkan pesawat ke lapangan sepak bola di dekat sini alih-alih daerah perumahan di sana, saksi Aref Geravand mengatakan kepada AP. "Pesawat jatuh di dekat lubang itu dan di saluran air. "

Boeing, seperti pabrikan maskapai lain, biasanya membantu dalam penyelidikan kecelakaan. Namun, upaya dalam kasus ini dapat dipengaruhi oleh kampanye sanksi AS sejak Donald Trump secara sepihak menarik diri dari kesepakatan nuklir Teheran dengan kekuatan dunia pada Mei 2018.

Eksportir manufaktur terbesar AS itu telah berjuang untuk mendapatkan kembali kepercayaan publik setelah pesawat 737 Max-nya terlibat dalam dua kecelakaan yang menewaskan 346 orang.

Perusahaan menghadapi pengawasan ketat, termasuk tuduhan bahwa pihaknya mengetahui adanya masalah dengan fitur kontrol penerbangan otomatis baru pada 737 Max, yang menurut para peneliti kemungkinan besar menjadi penyebab kecelakaan itu.

Bulan lalu, perusahaan memecat kepala eksekutifnya, Dennis Muilenburg, yang telah banyak dikritik oleh keluarga dan regulator karena penanganannya terhadap krisis. Muilenburg dituduh kurang memiliki kepekaan dan rasa hormat terhadap keluarga yang berduka, serta tampaknya menyesatkan regulator penerbangan.

Beberapa 737-800 telah terlibat dalam kecelakaan mematikan. Pada bulan Maret 2016, sebuah FlyDubai 737-800 dari Dubai jatuh ketika mencoba mendarat di bandara Rostov-on-Don di Rusia, menewaskan 62 penumpang. 737-800 penerbangan lain dari Dubai, dioperasikan oleh Air India Express, jatuh pada Mei 2010 ketika mencoba mendarat di Mangalore, India, menewaskan lebih dari 150 penumpang.

Sumber: theguardian
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...